@phdthesis{UNY71524,
           month = {May},
          author = {Tiva Kholis Ardiyanti and Juli Astono},
           title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB
BROWSER GAME MELALUI WAYANG ARCHERS UNTUK
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI
FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS X
PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA},
          school = {UNY},
            year = {2020},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/71524/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis web browser game yang layak digunakan untuk pembelajaran pada pokok bahasan Gerak Parabola di kelas X SMA Negeri 3 Bantul, (2) mengetahui nilai motivasi belajar peserta didik pada pokok bahasan Gerak Parabola setelah menggunakan media pembelajaran berbasis web browser game, (3) mengetahui persentase peserta didik yang mencapai KKM pada pokok bahasan Gerak Parabola setelah menggunakan media pembelajaran berbasis web browser game.
Desain penelitian yang digunakan adalah R \& D dengan model ADDIE. Pengembangan web browser game meliputi berbagai tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa media pembelajaran web browser game Wayang Archers pada pokok bahasan Gerak Parabola. Produk diujicobakan dua kali yaitu uji terbatas pada kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Bantul dan uji coba luas pada kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Bantul. Kelayakan produk Wayang Archers diperoleh dari hasil penilaian oleh validator dan angket respon peserta didik. Analisis penilaian instrumen penelitian menggunakan Aiken?s V dan Percentage of Agreement, sedangkan respon peserta didik dianalisis menggunakan standar penilaian skala 4. Analisis peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan effect size. Analisis penguasaan materi yang berasal dari nilai ulangan harian dan post-test menggunakan persentase ketuntasan belajar peserta didik dan effect size.
Berdasarkan hasil penelitian maka: (1) produk media pembelajaran berbasis web browser game Wayang Archers dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran fisika pada pokok bahasan Gerak Parabola, (2) motivasi belajar fisika peserta didik memiliki nilai effect size 0,004 dengan kategori sangat kecil, (3) peserta didik yang mencapai KKM pada pokok bahasan Gerak Parabola sebanyak 74,19 \% memiliki nilai effect size 0,018 dengan kategori sangat kecil. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu proses pembelajaran fisika di SMA khususnya pada pokok bahasan Gerak Parabola dianjurkan untuk menggunakan media pembelajaran fisika berbasis web browser game Wayang Archers agar dapat meningkatkan motivasi belajar fisika dan penguasaan materi fisika peserta didik.
Kata kunci: web browser game, motivasi belajar, dan penguasaan materi Gerak Parabola}
}