<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA"^^ . "Penelitian ini didasarkan pada fenomena banyaknya mahasiswa yang\r\ntidak terlibat dalam aktivitas belajar sehingga berdampak pada rendahnya\r\nperforma akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui\r\nketerkaitan antara mindfulness dengan student engagement pada mahasiswa.\r\nPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan\r\nkuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di\r\nUniversitas Negeri Yogyakarta. Pengambilan sampel penelitian ini\r\nmenggunakan teknik sampling eksidental dengan jumlah sampel sebanyak 150\r\nmahasiswa dari angkatan 2018. Alat pengumpulan data menggunakan skala\r\nmindfulness yang disusun berdasarkan konsep Five Facet Mindfulness\r\nQuestionnaire (FFMQ) yang dikembangkan oleh Baer et al. (2006). Skala\r\nstudent engagement disusun mengacu pada teori Fredricks et al. (2004).\r\nValiditas skala menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh expert judgment.\r\nReliabilitas instrumen dihitung menggunakan alpha cronbach sebesar 0,727\r\npada skala mindfulness dan 0,756 pada skala student engagement. Data dalam\r\npenelitian ini dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Indeks\r\nkorelasi hitung sebesar 0,508 dengan nilai signifikansi (p) antara variabel\r\nmindfulness dan student engagement sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien\r\ndeterminasi (R2) sebesar 25,8%.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara mindfulness dengan student engagement pada mahasiswa. Hal ini berarti, mahasiswa yang memiliki mindfulness tinggi cenderung memiliki keterlibatan tinggi ketika belajar. Sebaliknya, semakin rendah mindfulness yang dimiliki semakin rendah pula student engagement dalam belajar. Kemudian, semakin tinggi keterlibatannya dalam belajar maka semakin tinggi mindfulness yang dilakukan mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah tingkat keterlibatan mahasiswa dalam belajar maka semakin rendah mindfulness yang dilakukan mahasiswa.\r\nKata kunci : mindfulness, student engagement, mahasiswa"^^ . "2021-11-08" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Fajriyah"^^ . "Nurul Hidayah"^^ . "Fajriyah Nurul Hidayah"^^ . . . . . . "HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA (Text)"^^ . . . . . "HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #71342 \n\nHUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA\n\n" . "text/html" . . . "Psikologi"@en . .