%D 2020 %I Program Pascasarjana %T Pengaruh Model Think pair share Dan Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh model Think pair share terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV SD; (2) pengaruh model Role Playing terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV SD; dan (3) perbedaan keterampilan berbicara bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang belajar dengan Think Pair Share dan kelompok siswa yang belajar dengan Role Playing pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Pretest-Posttest nonequivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara tahun 2018/2019. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan penilaian unjuk kerja. Instrumen yang digunakan adalah penilaian unjuk kerja keterampilan berbicara berupa skala. Data dianalisis menggunakan univariat ANAVA dan analisis univariat uji t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Hal ini dibuktikan pada variabel keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa dengan nilai Fhitung = 58,705 dan p = 0,000. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan pada variabel keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa dengan nilai Fhitung = 81,352 dan p = 0,000. (3) Model pembelajaran role playing memberikan pengaruh lebih baik dari pada model pembelajaran think pair share. %A Lutfiana Ristianisa %A Suhardi Suhardi %K keterampilan berbicara, role playing, think pair share, pembelajaran kooperatif %L UNY71298