@phdthesis{UNY71297, school = {Program Pascasarjana}, author = {MIftahul Jannah and Lantip Diat Prasojo}, month = {November}, year = {2020}, title = {Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71297/}, keywords = {multimedia pembelajaran interaktif, keaktifan belajar, motivasi belajar}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Kecamatan Cakranegara, dan (2) mengungkapkan keefektifan multimedia pembelajaran yang dihasilkan tersebut. Penelitian ini adalah research and development yang menerapkan model Borg \& Gall (1983) dengan 10 tahapan pengembangan. Uji kelayakan produk dilakukan oleh validator ahli media dan validator ahli materi. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV SD se-Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli, angket respon siswa dan guru, dan pedoman observasi. Uji kelayakan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan penilaian skala dengan empat kategori penilaian. Keefektifan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas IV SD dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji hipotesis MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan memenuhi kriteria ?layak? menurut penilaian ahli media dan ahli materi, memenuhi kriteria ?sangat layak? menurut angket respon guru, dan memenuhi kriteria ?layak? menurut angket respon siswa; (2) multimedia tersebut efektif dalam meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas IV SD se-Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Hasil pengujian uji-t dan uji hipotesis MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa multimedia tersebut dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas IV SD secara signifikan dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05.} }