%0 Thesis %9 S2 %A Rahmat, Agung %A Dr. Guntur, M.Pd., %B Ilmu Keolahragaan %D 2021 %F UNY:71287 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K ball feeling, dribbling, keterampilan sepakbola %T PENGARUH LATIHAN BALL FEELING DAN DRIBBLING TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKBOLA DITINJAU DARI KOORDINASI MATA KAKI PADA SSB TRIO MUDA %U http://eprints.uny.ac.id/71287/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan dribbling terhadap keterampilan sepakbola; (2) perbedaan pengaruh dari kemampuan koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap keterampilan sepakbola; dan (3) interaksi antara ball feeling, dribbling dan koordinasi mata-kaki (tinggi dan rendah) terhadap keterampilan sepakbola. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa kelompok usia 10-13 tahun pada SSB Trio Muda, yang diambil dengan teknik simple random sampling dari jumlah 37 siswa. Instrumen untuk mengukur koordinasi mata-kaki adalah soccer wall volley tes. Instrumen untuk mengukur keterampilan sepakbola adalah pengembangan tes kecakapan “David Lee”. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan dribbling terhadap keterampilan sepakbola, terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,024 < 0,05. Metode latihan dribbling lebih baik dibandingkan dengan metode latihan ball feeling dengan selisih rata-rata posttest sebesar 2,03 detik. (2) terdapat perbedaan pengaruh dari kemampuan koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap keterampilan sepakbola, terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,018 < 0,05. koordinasi mata-kaki tinggi lebih baik dibandingkan dengan koordinasi mata-kaki rendah dengan selisih rata-rata posttest sebesar 2,14 detik. (3) terdapat interaksi antara ball feeling, dribbbling dan koordinasi mata-kaki (tinggi dan rendah) terhadap keterampilan sepakbola, yang terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,032 < 0,05. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.