%0 Thesis %9 S2 %A Adiwijaya, Daru %A Dr. Guntur, M.Pd., %B Ilmu Keolahragaan %D 2021 %F UNY:71286 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K evaluasi CIPP, pembinaan, futsal %T EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN KLUB FUTSAL SELO KENCONO (SKN FC) KEBUMEN %U http://eprints.uny.ac.id/71286/ %X Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pada program pembinaan klub futsal menggunakan model CIPP (context, input process & product) dengan pendekatan kualitatif dengan model analisis interaktif dari Miles & Huberman. yang meliputi (1) konteks: visi & misi dan tujuan program, (2) input: perekrutan pemain dan pelatih (3) proses: pelaksanaan program latihan, penyediaan, penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana, perencanaan dan penggunaan dana dalam pembinaan klub SKN FC Kebumen. (4) produk: prestasi yang dihasilkan klub SKN FC Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Obyek evaluasi adalah klub Futsal SKN FC Kebumen. Enam peserta dipilih secara sengaja sebagai partisipan wawancara. Pengumpulan data dilakukan sebagai berikut: (1) melakukan observasi tidak langsung; mengamati pemberitaan mengenai obyek evaluasi, observasi langsung; mengamati kegiatan yang ada di mess dan latihan tim (2) melakukan dokumentasi, (3) melaksanakan wawancara dengan enam partisipan. Validasi instrumen menggunakan ‘expert judgement’. Kriteria keberhasilan digunakan untuk melakukan evaluasi masing-masing variabel CIPP dengan tiga kategori: baik, cukup dan kurang. Dengan analisis CIPP yang dikombinasikan dengan pendekatan komprehensif, didapatkan hasil evaluasi dari segi context yang meliputi; visi dan misi; tujuan klub dalam menjalani Liga yang termasuk pada kategori “cukup”. Dari segi input; yang meliputi sistem perekrutan pemain dan pelatih, termasuk pada kategori “baik”. Dari segi process, yang meliputi pelaksanaan program latihan, penyediaan, penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana, kemudian pendanaan masuk pada kategori “cukup”. Dari segi product, yang meliputi hasil positif dan negatif; kesesuaian tujuan dengan biaya dan prestasi yang dihasilkan; keberhasilan program; dan program yang dapat dilanjutkan masuk pada kategori “baik”. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.