%I Program Pascasarjana %D 2021 %T Pengembangan Model PBTPK-MaPelMat untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Peserta Didik. %L UNY71155 %K integrasi pendidikan katakter , mata pelajaran matematika, model pembelajaran bermakna %X Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan model Pembelajaran Bermakna Terintegrasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Matematika (model PBTPK- MaPelMat); (2) mendeskripsikan karakteristik model PBTPK-MaPelMat ditinjau dari segi validitas, kepraktisan, dan efektivitas; (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran matematika peserta didik aspek pengetahuan, sikap/perilaku, dan keterampilan komunikasi matematika (secara lisan) dalam implementasi model PBTPK-MaPelMat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan menurut Plomp (2013) dengan tahapan-tahapan: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan atau membuat prototipe; dan (3) penilaian. Subjek penelitian adalah 201 orang peserta didik kelas VIII dan 12 orang guru matematika Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Provinsi Kalimantan Timur. Data untuk analisis kebutuhan diperoleh dari wawancara, angket, dan observasi. Data kevalidan model diperoleh melalui instrumen vaildasi. Data kepraktisan model diperoleh melalui instrumen kepraktisan. Data keefektifan model diperoleh melalui instrumen keefektifan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model PBTPK-MaPelMat yang dihasilkan meliputi: (a) komponen yaitu landasan teori, dasar pengembangan, dan desain buku model; (b) isi model yaitu buku model PBTPK-MaPelMat beserta pendukungnya; (c) sasaran model yaitu pembelajaran matematika, guru, dan peserta didik; dan (d) hasil yang diharapkan yaitu keterlaksanaan proses pembelajaran bermakna terintegrasi pendidikan karakter, respons positif dari guru dan peserta didik, keaktifan peserta didik, penilaian hasil pembelajaran (pengetahuan, sikap/perilaku, keterampilan komunikasi matematika), dan perbaikan hasil pembelajaran peserta didik; (2) Model PBTPK- MaPelMat dan perangkat pendukungnya adalah sangat valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran matematika di MTs; dan (3) Model PBTK-MaPelMat telah terbukti dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika aspek pengetahuan, sikap/perilaku, dan keterampilan komunikasi matematika (secara lisan) peserta didik MTs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBTPK-MaPelMat layak digunakan sebagai alternatif model pembelajaram dalam pembelajaran matematika di sekolah/Madrasah. Produk hasil pengembangan adalah sebuah buku berjudul Model PBTPK-MaPelMat yang dilengkapi dengan perangkat pendukung, petunjuk implementasi, dan contoh implementasi model PBPTK-MaPelMat. %A Salamia Salamia %A Achmad Dardiri