TY - THES ID - UNY71119 UR - http://eprints.uny.ac.id/71119/ M1 - skripsi AV - restricted Y1 - 2021/10/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan karakter tanggung jawab melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas I SD Negeri Kemojing 02, Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas I SD Negeri Kemojing 02, Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap yang berjumlah 21 siswa dengan rincian 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi karakter tanggung jawab siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akumulasi jumlah siswa dengan kategori karakter tanggung jawab sangat tinggi adalah 4 siswa (19%) pada tahap sebelum tindakan, 14 siswa (67%) pada tahap siklus I, dan 18 siswa (86%) pada tahap siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas I SD Negeri Kemojing 02, Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Kata kunci: karakter tanggung jawab, model kooperatif tipe jigsaw PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Lianto, Ricky Ferdy TI - PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS I SD NEGERI KEMOJING 02 KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP ER -