%A Dwi Novitasari %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh konsep diri terhadap percaya diri; 2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap percaya diri; dan 3) pengaruh konsep diri dan interaksi teman sebaya terhadap percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus I Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul berjumlah 283 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 149 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi dan instrumen pengumpulan data dengan skala konsep diri, skala interaksi teman sebaya, dan skala percaya diri. Instrumen ini diujicobakan kepada 150 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement dan validitas item dihitung menggunakan koefisien korelasi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 37,59%; 2) interaksi teman sebaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 18,61%; dan 3) konsep diri dan interaksi teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap percaya diri dengan sumbangan sebesar 56,2%. Kata kunci: konsep diri, interaksi teman sebaya, percaya diri %L UNY71117 %T PENGARUH KONSEP DIRI DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS I KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2021