TY - THES TI - HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS GILANGHARJO DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Istiqomah, Nurwinda AV - restricted ID - UNY71116 Y1 - 2021/10/14/ UR - http://eprints.uny.ac.id/71116/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab, (2) hubungan kemandirian belajar dengan tanggung jawab belajar, dan (3) hubungan dukungan sosial orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar perserta didik kelas V SD se-Gugus Gilangharjo dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi berjumlah 136 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala tanggung jawab belajar, skala dukungan sosial orang tua, dan skala kemandirian belajar. Validasi instrumen menggunakan penilaian ahli yang kemudian diuji coba dan dihitung menggunakan koefisien korelasi item sedangkan reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 termasuk pada kategori sedang dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga semakin tinggi dukungan sosial orang tua yang diperoleh, maka semakin tinggi pula tanggung jawab belajarnya. Ada hubungan positif antara kemandirian belajar dengan tanggung jawab belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,670 termasuk dalam kategori kuat dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga semakin tinggi kemandirian belajar, maka semakin tinggi pula tanggung jawab belajarnya. Ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,725 termasuk dalam kategori kuat dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga semakin tinggi dukungan sosial orang tua dan kemandirian belajar, maka semakin tinggi pula tanggung jawab belajar yang dihasilkan. Kata kunci: dukungan sosial orang tua, kemandirian belajar, tanggung jawab belajar ER -