TY - THES N2 - Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Lingkaran Kata Benda (KAKANDA) yang layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas I SD. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall sampai pada langkah ketujuh, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, skala penilaian produk oleh ahli media dan materi, angket respon guru, angket respon siswa, dan dokumentasi. Subjek uji coba lapangan utama adalah 1 guru dan 6 siswa kelas I SD. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media Lingkaran kata Benda (KAKANDA) dikatakan layak sebagai media pembelajaran bahasa Inggris kelas I SD. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media yang memperoleh skor rata-rata 3,4 (sangat baik). Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,4 (sangat baik). Hasil respon guru mendapatkan skor rata-rata 3,73 (sangat baik), dan hasil respon siswa memperoleh rata-rata presentase 96.67% (sangat baik). Kata kunci: media, lingkaran kata benda, kakanda, bahasa Inggris, kelas I SD Y1 - 2021/10/14/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Utami, Shinta Fitri ID - UNY71115 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA LINGKARAN KATA BENDA (KAKANDA) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS I SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/71115/ ER -