%0 Thesis %9 S1 %A Herlyani, Rachma %B PGSD %D 2021 %F UNY:71114 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLAYEN III KABUPATEN GUNUNGKIDUL %U http://eprints.uny.ac.id/71114/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Sekolah Dasar Negeri Playen III Kabupaten Gunungkidul melalui empat komponen, yaitu: 1) Komponen context, 2) Komponen input, 3) Komponen process, dan 4) Komponen product. Program dilaksanakan menggunakan pendekatan kombinasi antara daring dengan luring. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian, yaitu tujuh penyelenggara program dan enam pelaksana program dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aspek context, yaitu latar belakang program adalah merealisasikan kebutuhan akan pendidikan pada masa pandemi dan tujuan program, yaitu dapat melindungi warga dalam satuan pendidikan dengan tetap memberikan hak peserta didik dalam memperoleh layanan pendidikan. 2) Aspek input, yaitu kemampuan guru mempersiapkan pembelajaran dan menggunakan teknologi informasi sudah sesuai, namun perlu adanya pengembangan. Kemampuan peserta didik menggunakan teknologi informasi sudah sesuai. Kesesuaian materi pelajaran dengan kurikulum sudah terpenuhi, namun kesesuaian materi dengan pedoman belum terpenuhi sehingga perlu adanya perbaikan. Sarana prasarana yang digunakan sudah mencukupi dan sesuai dengan kebutuhan program. 3) Aspek process, yaitu metode dan media pembelajaran yang digunakan sudah sesuai, namun perlu adanya variasi agar pembelajaran tidak monoton. Pelaksanaan program kurang sesuai dengan jadwal perencanaan sehingga perlu adanya perbaikan agar program terlaksana sesuai waktu yang ditetapkan. Kegiatan pembelajaran peserta didik sudah sesuai dengan pedoman dan metode yang digunakan. 4) Aspek product, yaitu metode penilaian hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan permendikbud. Kata kunci: evaluasi, program, pembelajaran jarak jauh.