@phdthesis{UNY70940, month = {August}, author = {Afif Noor Fauziyah}, year = {2021}, title = {PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS VI KECAMATAN SLEMAN}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/70940/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tanggung jawab siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus VI Kecamatan Sleman. Hal ini tampak pada perilaku siswa di sekolah selama pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V sekolah dasar se-Gugus VI Kecamatan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus VI Kecamatan Sleman, dengan jumlah sampel sebanyak 130 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis dengan menggunakan modifikasi skala likert. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala tanggung jawab belajar dan kemandirian belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi dengan teknik expert judgement. Kemudian dilakukan uji coba kepada siswa dan dianalisis daya beda butir. Sedangkan untuk uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah tanggung jawab belajar secara dipengaruhi oleh kemandirian belajar sebesar 55\%. Hasil perhitungan analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y=32,379+0,783X. Hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se- Gugus VI Kecamatan Sleman. Kata kunci: kemandirian belajar, tanggung jawab belajar, pembelajaran jarak jauh} }