%L UNY70939 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %A Yulinda Dwi Saputri %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur Kecamatan Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wali murid dan guru SD Negeri Kalimenur. Teknik pengumpulan data dilakukan memlalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur yaitu: 1) orang tua berperan sebagai guru di rumah, 2) orang tua berperan sebagai fasilitator, 3) orang tua berperan sebagai motivator, 4) orang tua berperan sebagai pengaruh. Kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur meliputi: 1) kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi anak, 2) perekonomian orang tua, 3) pekerjaan orang tua, 4) ketersediaan waktu dalam mendampingi belajar, 5) kurangnya pengetahuan orang tua terhadap penggunaan teknologi. Kata kunci: peran orang tua, pembelajaran daring, SD Negeri Kalimenur %D 2021 %T PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI KALIMENUR KECAMATAN SENTOLO