%L UNY70938 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media stik es krim pelangi pada siswa kelas I SD Negeri Grogolpenatus, Petanahan, Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SD Negeri Grogolpenatus, Petanahan, Kebumen yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata kelas mencapai ≥80 dan persentase siswa yang tuntas sebanyak ≥75% dengan KKM yang ditentukan yaitu 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media stik es krim pelangi pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Grogolpenatus. Sebelum diberikan tindakan, nilai rata-rata kelas pembelajaran matematika siswa kelas I SD Negeri Grogolpenatus hanya mencapai 64,61. Kemudian nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu dari 78,46 menjadi 86,92. Peningkatan juga terjadi pada persentase ketuntasan siswa yaitu dari pra tindakan dimana siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 46,15%. menjadi 9 siswa atau 69,23% pada silus I dan pada siklus II menajdi sebanyak 11 siswa atau 84,61%. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Media Stik Es Krim Pelangi %D 2021 %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA STIK ES KRIM PELANGI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI GROGOLPENATUS, PETANAHAN, KEBUMEN %A Nur Ma’rifah