%L UNY70751 %A Ika Apriani Dewi Saputri %X ABSTRAK Salah satu hal yang dibutuhkan remaja untuk masuk dalam pertemanan sebaya adalah perilaku prososial, namun tidak semua remaja awal mampu membentuk hubungan yang baik dengan teman sebaya. Kecenderungan remaja untuk melakukan perilaku prososial mulai menurun atau bahkan jarang ditemui. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku prososial dengan persepsi penerimaan teman sebaya pada remaja awal. Penelitian ini adalah sebuah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Ngawen, Gunungkidul, berjumlah 665 siswa, dengan sampel berjumlah 96 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala Perilaku Prososial dan Skala Persepsi Penerimaan Teman Sebaya. Kedua skala menggunakan validitas isi dengan pengujian terhadap kelayakan isi tes melalui expert jugment. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil uji reliabilitas skala Perilaku Prososial adalah sebesar 0, 933 dan Persepsi Penerimaan Teman Sebaya sebesar 0, 927. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Prososial memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Persepsi Penerimaan Teman Sebaya, nilai r=0,889 dan p:0,00 (p<0,05) Artinya, jika Perilaku Prososial meningkat, maka Persepsi Penerimaan Teman Sebaya juga akan meningkat pada remaja awal, begitu juga sebaliknya. Diharapkan melalui penelitian ini remaja mampu mengoptimalkan perilaku prososialnya, seperti perilaku mereka dalam berbagi dan menolong teman sebaya, agar mendapatkan penerimaan yang baik dalam teman sebaya. Kata Kunci: prososial, persepsi penerimaan teman sebaya, remaja %T HUBUNGAN PERILAKU PROSOSIAL DENGAN PERSEPSI PENERIMAAN TEMAN SEBAYA PADA REMAJA AWAL DI SMP N 1 NGAWEN, GUNUNGKIDUL %D 2021 %I Universitas Negeri Yogyakarta