%0 Journal Article %@ 978‐979‐16353‐3‐2 %A Siti, Sunendiari %D 2009 %F UNY:7071 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 %T MODEL REGRESI LINIER DALAM MELIHAT KEBERHASILAN BELAJAR SISWA SMU %U http://eprints.uny.ac.id/7071/ %X Keberhasilan dalam proses belajar mengajar tergantung pada komponen-komponen yang terlibat dalam proses tersebut maupun interaksi antar komponennya. Salah satu tolok ukur keberhasilan proses belajar mengajar ini dapat dilihat dari nilai NEM siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai NEM ini antara lain tingkat kecerdasan siswa, kualitas guru, ketersediaan sarana belajar mengajar dan lain-lain. Penelitian ini akan menentukan model yang menunjukkan keberhasilan belajar siswa SMU berdasarkan faktor faktor yang menunjang keberhasilan siswa melalui model regresi multivariat. Populasi penelitian adalah siswa, guru matematika SMUN serta sarana dan prasarana yang menunjang yang berada di kota Bandung. Diambil empat buah SMUN, dari masing-masing SMUN diambil lima kelas, dan dari masing-masing kelas diambil secara acak sepuluh siswa. Berdasarkan variabel yang terlibat, diperoleh model regresi sebagai berikut NEM SMU = -2.19 + 0.351 SMP + 0.307 KERJA + 1.34 EDUC + 0.083 POKOK + 0.0084 PENUNJANG + 0.0483 TAMBAH Dari model regresi di atas, diperoleh pengaruh guru terhadap keberhasilan siswa sebesar 36.85 %, pengaruh sarana dan prasarana pelajaran matematika terhadap keberhasilan siswa sebesar 33.05 %, sedangkan pengaruh siswa terhadap keberhasilan belajar sebesar 17.41 %. Dari kenyataan di atas dapat dikatakan bahwa pengaruh guru serta sarana dan prasarana khususnya untuk pelajaran matematika besar pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar siswa. Kata kunci : regresi linier multivariat, pengaruh guru, sarana dan prasarana