<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES\r\nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \r\nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA,\r\nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \r\nMATEMATIKA SISWA SMP"^^ . "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat\r\npengaruh pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran berbasis masalah\r\nterhadap kemampuan literasi, prestasi belajar, dan kecemasan matematika, serta\r\nuntuk mengetahui metode pembelajaran mana yang lebih unggul ditinjau dari\r\nrata-rata skor kemampuan literasi, prestasi belajar, dan kecemasan matematika. \r\n Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi\r\nseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung tahun ajaran\r\n2019/2020. Dari delapan kelas yang ada dipilih secara acak dua kelas yaitu kelas\r\nVIII F dan kelas VIII G. Dari dua kelas yang dipilih tersebut, kemudian dilakukan\r\npengundian sehingga diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yaitu kelas\r\nyang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan multiple\r\nintelligences dalam pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII G sebagai kelas\r\nkontrol yang mendapat pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran\r\nberbasis masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa\r\nsoal tes kemampuan literasi, prestasi belajar, dan angket kecemasan matematika.\r\nValiditas ditentukan oleh pertimbangan validator yang menyimpulkan bahwa\r\ninstrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Sementara, estimasi\r\nreliabilitas tes prestasi belajar, tes kemampuan literasi matematika dan angket\r\nkecemasan matematika yang dihitung menggunakan koefisien alpha (Alpha\r\nCronbach) dalam penelitian ini reliabel. Untuk melihat pengaruh pembelajaran\r\npendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap\r\nkemampuan literasi, prestasi belajar, dan kecemasan matematika siswa digunakan\r\nuji statistik Multivariat Analysis of Variance (MANOVA). Sedangkan untuk\r\nmelihat metode pembelajaran mana yang lebih unggul ditinjau dari rata-rata\r\nmasing-masing variabel digunakan uji statistik Independent Sample T-test. \r\n Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa\r\npendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran berbasis masalah\r\nberpengaruh terhadap kemampuan literasi dan prestasi belajar matematika siswa,\r\nnamun tidak berpengaruh terhadap kecemasan matematika siswa. Lebih rinci,\r\nhasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelas dengan pendekatan multiple\r\nintelligences lebih unggul dibandingkan kelas tanpa pendekatan multiple\r\nintelligences ditinjau dari rata-rata kemampuan literasi dan prestasi belajar\r\nmatematika siswa, namun kelas dengan pendekatan multiple intelligences tidak\r\nlebih unggul dibandingkan kelas tanpa pendekatan multiple intelligences ditinjau\r\ndari rata-rata kecemasan matematika siswa. \r\n\r\nKata Kunci: pendekatan multiple intelligences, pembelajaran berbasis masalah,\r\nliterasi matematika, prestasi belajar, kecemasan matematika"^^ . "2020-08-31" . . . "Pascasarjana"^^ . . . "Pendidikan Matematika, Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Dini Arrum"^^ . "Putri"^^ . "Dini Arrum Putri"^^ . . "Djamilah Bondan"^^ . "Widjajanti"^^ . "Djamilah Bondan Widjajanti"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES\r\nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \r\nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA,\r\nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \r\nMATEMATIKA SISWA SMP (Text)"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES\r\nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \r\nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA,\r\nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \r\nMATEMATIKA SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES\r\nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \r\nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA,\r\nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \r\nMATEMATIKA SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES\r\nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \r\nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA,\r\nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \r\nMATEMATIKA SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES\r\nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \r\nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA,\r\nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \r\nMATEMATIKA SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES\r\nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \r\nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA,\r\nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \r\nMATEMATIKA SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #70700 \n\nPENGARUH PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES \nDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \nTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA, \nPRESTASI BELAJAR, DAN KECEMASAN \nMATEMATIKA SISWA SMP\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Pasca Sarjana" . .