%0 Thesis %9 S2 %A Nurulaeni, Fitria %A Mustadi, Ali %B Pendidikan Dasar %D 2020 %F UNY:70656 %I Program Pascasarjana %K video animasi, cerita sainsmatika, mobile learning, kemampuan komunikasi, karakter mandiri. %T Pengembangan Video Animasi Cerita Sainsmatika Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Karakter Mandiri Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Sleman. %U http://eprints.uny.ac.id/70656/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang memenuhi kriteria kelayakan dan mengetahui keefektifan video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan karakter mandiri siswa kelas IV SD Se-Kecamatan Sleman. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) oleh Borg and Gall yang terdiri atas 10 tahapan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Sleman. Pengumpulan data menggunakan wawancara (need analysis), angket, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t, dan MANOVA. Tahapan pengembangan video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning terdiri atas perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, proses uji coba, revisi, dan diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan respon siswa dengan kategori sangat layak; 2) video animasi cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan karakter mandiri siswa, terjadi peningkatan secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05.