TY - THES M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis masalah yang layak oleh ahli materi dan ahli evaluasi modul serta mengetahui keefektivan modul pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika siswa kelas IV SD.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg dan Gallyang terdiri dari 10 langkah,yaitu penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft produk, ujicoba awal,merevisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan utama, menyempurnakan produk hasil uji coba lapangan, uji coba lapangan operasional, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-gugusI Wonosari.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pembelajaran, lembar validasi ahli, angket respon siswa dan guru, soal pretestdan posttest.Datayang diperolehberupa datakualitatif dan kuantitatif.Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, independent sample t-test, dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi = 0,05.Hasil penelitan menunjukkan bahwa: (1) kelayakan modul pembelajaran berbasis masalah menurutahli materimendapatkan rata-rata skor 3,68dengan kriteria baik; (2) kelayakan modul pembelajaran berbasis masalahmenurutahli evaluasi modul mendapatkan rata-rata skor 4,13 dengan kriteria baik;(3) hasil uji hipotesis 1 menggunakan independent sample t-testpada kemampuan pemecahan masalah menghasilkan nilai signifikansi 0,010 yang menunjukkan bahwamodul pembelajaran berbasis masalahefektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa;(4) hasil uji hipotesis 2 menggunakan independent sample t-testpada kreativitas matematika menghasilkan nilai signifikansi 0,043 yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kreativitas matematikasiswa;(5) hasil uji hipotesis 3 menggunakan uji MANOVA pada kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika menghasilkan nilai signifikansi 0,034 yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalahdan kreativitas matematikasiswa. Hasil penelitian memberikan informasi bagi pendidik, sekolah, dan peneliti tentang pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika. UR - http://eprints.uny.ac.id/70655/ KW - kemampuan pemecahan masalah KW - kreativitas matematika KW - modul pembelajaran berbasis masalah. ID - UNY70655 Y1 - 2020/02/06/ A1 - Setiawan, Adi A1 - Soeharto, Soeharto PB - Program Pascasarjana TI - Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah danKreativitas Matematika Siswa SD Kelas IVdi Gugus 1 Wonosari. AV - restricted ER -