%T Pengembangan Sumber Belajar Buku IPA Berbasis Nilai Religius Untuk Meningkatkan Minat Membaca dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD/MI Se Kecamatan Srumbung. %I Program Pascasarjana %D 2020 %L UNY70651 %K Sumber belajar, Buku, IPA, Nilai Religius, Minat Membaca, Kemandirian Belajar %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk yang layak berupa sumber belajar buku IPA berbasis nilai religius, 2) mengetahui efektifitas sumber belajar buku IPA berbasis nilai religius untuk meningkatkan minat membaca dan kemandirian belajar siswa kelas V SD/MI se Kecamatan Srumbung. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan dari Borg and Gall yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Srumbung. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi ahli, dan skala. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif dianalisis dengan uji multivariat dan univariat dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah buku IPA berbasis nilai religius. Buku IPA berbasis nilai religus telah memperoleh hasil uji kelayakan dari ahli materi dan ahli bahasa. Skor yang diperoleh dari uji kelayakan ahli materi adalah 3,54 dengan kategori A (sangat baik). Skor yang diperoleh dari uji kelayakan ahli materi adalah 3,89 dengan kategori A (sangat baik). Sumber belajar buku IPA berbasis nilai religius efektif untuk meningkatkan minat membaca dan kemandirian belajar secara bersamaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,004. Uji univariat pada kemandirian belajar diperoleh nilai siginifikansi sebesar 0,001 dan pada minat membaca diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,046. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sumber belajar buku IPA berbasis nilai religius dapat meningkatkan minat membaca dan kemandirian belajar secara signifikan. %A Joko Suprapmanto %A Zuhdan Kun Prasetyo