TY - THES ID - UNY70638 UR - http://eprints.uny.ac.id/70638/ M1 - tesis AV - restricted TI - Pengembangan Reflective Modul Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Ecoliteracy dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas V SD di Kecamatan Tegalrejo. A1 - Permata, Santy Dinar A1 - Mustadi, Ali N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan reflective modul berbasis child friendly school yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 2) mengetahui keefektifan reflective modul berbasis child friendly school untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy dan karakter rasa ingin tahu siswa kelas V SD di Kecamatan Tegalrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD) yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Tegalrejo. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji hipotesis t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: 1) telah dihasilkan reflective modul berbasis child friendly school yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi, serta respon guru dan siswa dengan kategori layak; 2) produk reflective modul berbasis child friendly school yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy dan karakter rasa ingin tahu siswa. Kemampuan ecoliteracy dan karakter rasa ingin tahu meningkat secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. Y1 - 2020/02/04/ PB - Program Pascasarjana KW - reflective modul KW - child friendly school KW - kemampuan ecoliteracy KW - karakter rasa ingin tahu. ER -