%I Program Pascasarjana %D 2020 %T Pengembangan Cerita Sainsmatika Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. %K cerita sainsmatika, mobile learning, kemampuan memecahkan masalah, karakter tanggung jawab %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kebutuhan cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang dapat meningkatkan kemampuan memecahlan masalah dan karakter tanggung jawab 2) menghasilkan media penunjang pembelajaran berupa cerita sainsmatika berbasis mobile learning yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 3) mengungkapkan keefektifan cerita sainsmatika berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan karakter tanggung jawab pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, skala, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t, dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk yang dihasilkan adalah aplikasi dengan konten berupa cerita petualangan fiksi realistik, ilustrasi kartun dua dimensi, ringkasan materi muatan sainsmatika, lagu tema, dan dukungan musik pengiring cerita; 2) produk yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat layak; 3) produk yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan karakter tanggung jawab siswa, yang meningkat secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0.000<0.05. %A Chandra Adhi Putra %A Muhammad Nur Wangid %L UNY70637