TY - THES ID - UNY70627 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI KREBET BANTUL AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/70627/ Y1 - 2021/05/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama pada pembelajaran tematik bermuatan IPA yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep Kelas IV SD Negeri Krebet. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg & Gall (1983). Pada penelitian dan pengembangan ini hanya terdiri dari 7 tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji lapangan awal, revisi produk untuk uji lapangan utama, uji lapangan utama, dan revisi produk untuk uji operasional. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Krebet yang terdiri dari 3 siswa sebagai subyek uji lapangan awal, dan 6 siswa sebagai subyek uji lapangan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media diorama pembelajaran tematik bermuatan IPA yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli media yang termasuk dalam kriteria layak dengan skor rata-rata 4,63, hasil validasi ahli materi yang termasuk dalam kriteria layak dengan skor rata-rata 4,7, hasil penilaian guru dengan skor rata-rata 4,61 termasuk kriteria layak, hasil uji lapangan awal sebesar 97,3% termasuk kriteria layak, hasil uji lapangan utama sebesar 98,6% dengan kriteria layak dan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebanyak 56,89%. Kata kunci : pengembangan media diorama, pembelajaran tematik, pemahaman konsep A1 - Agustina, Silvia PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ER -