%0 Thesis %9 S1 %A Yunawan, Khalid Algusta %B PGSD %D 2021 %F UNY:70625 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MUATAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOREJO KECAMATAN PAKEM %U http://eprints.uny.ac.id/70625/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagrajan. Penelitian ini dikembangkan sampai tahap Develop. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 13 siswa kelas IV sekolah dasar yang tinggal di sekitar rumah peneliti. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah multimedia interaktif budaya di Pulau Jawa yang layak digunakan untuk kelas IV sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap define, design, dan develop. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria “baik”. Hasil penilaian dari guru memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kriteria “sangat baik”. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan multimedia interaktif adalah 67.36, nilai rata-rata post-test setelah menggunakan multimedia interaktif adalah 91, dan efektivitas yang diukur dengan N-Gain score sebesar 0,72 dalam kriteria tinggi yang menunjukkan siswa mengalami peningkatan pemahaman materi keberagaman budaya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif keberagaman budaya di Pulau Jawa dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: multimedia interaktif, budaya, Kelas IV SD