%0 Thesis %9 S3 %A Muammar, Muammar %A Suhardi, Suhardi %B Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:70617 %I Program Pascasarjana %K model pembelajaran, keterampilan berbicara, pendekatan komunikatif %T odel Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis Pendekatan Komunikatif bagi Siswa Sekolah Dasar. %U http://eprints.uny.ac.id/70617/ %X Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar, (2) menghasilkan model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar, dan (3) menghasilkan model pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan research and development yang mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD dan guru SD di Kota Mataram yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data yang dikumpulkan, antar lain: data survei analisis kebutuhan dengan angket, wawancara, dan observasi; data validitas model pembelajaran dengan skala; data keterlaksanaan model pembelajaran dengan lembar observasi; dan data keefektifan model pembelajaran dengan lembar observasi, angket, dan tes unjuk kerja keterampilan berbicara. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif yang dikembangkan memiliki komponen sebagai berikut. (a) Bab I. Pendahuluan (rasionalisasi inovasi, pendekatan komunikatif, dan teori pendukung pengembangan model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif). (b) Bab. II. Model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif (kajian tentang pembelajaran bahasa komunikatif dan komponen model pembelajaran berbicara berbasis pendekatan komunikatif). (c) Bab. III. Petunjuk pelaksanaan model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi). (2) Model pembelajaran yang dikembangkan tersebut layak digunakan berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli/praktisi. Kualitas validitas model pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, yaitu 83,33. (3) Model pembelajaran yang dikembangkan tersebut efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan tingkat keterlaksaan model berada pada kategori tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu nilai F=83,781 > 0,001 pada pencapaian keterampilan berbicara siswa antara yang belajar dengan model pembelajaran yang dikembangkan tersebut dan yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Keterampilan berbicara siswa yang belajar dengan model pembelajaran yang dikembangkan tersebut lebih baik dibandingkan dengan yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.