%0 Thesis %9 S3 %A Nuryanto, Apri %A Sugiyono, Sugiyono %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2017 %F UNY:70599 %I Program Pascasarjana %K microteaching, media sosial, kompetensi mengajar, Mic-TMS, Pendidikan Teknik Mesin %T Pengembangan Model Microteaching Terintegrasi dengan Media Sosial. %U http://eprints.uny.ac.id/70599/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan model microteaching terintegrasi media sosial bagi mahasiswa calon guru pendidikan teknik mesin; (2) menghasilkan model microteaching terintegrasi media sosial bagi mahasiswa calon guru pendidikan teknik mesin yang efektif, efisien dan praktis untuk digunakan; dan (3) mengetahui hasil peningkatan kompetensi mengajar mahasiswa calon guru pendidikan teknik mesin yang menggunakan model microteaching terintegrasi media sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Produk penelitian ini divalidasi oleh para pakar, dosen dan guru-guru SMK pada bidang keahlian pendidikan teknik mesin melalui FGD. Uji lapangan dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNY yang menggambil matakuliah microteaching. Hasil penelitian menemukan model microteaching terintegrasi media sosial yang disingkat Mic-TMS sebagai berikut: (1) Model yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari sisi model (4,36); media (4,50); dan implementasi (4,50) dari skor maksimal 5; (2) Model Mic-TMS yang dikembangkan efektif (4,56), efisiensi model (4,57) dan praktis untuk digunakan (4,72) dari skor maksimal 5; (3) Terjadi peningkatan kompetensi mengajar calon mahasiswa dalam hal penilaian RPP sebesar 15% dengan nilai akhir 84,17; penilaian proses pelaksanaan naik sebesar 6% dengan nilai akhir 81,06; penilaian kepribadian naik 6% dengan nilai akhir 83,89; dan penilaian sosial naik 7,8% dengan nilai akhir 86,11. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh maka model Mic-TMS yang dikembangkan dapat digunakan untuk pembelajaran mikro atau microteaching.