eprintid: 70521 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/05/21 datestamp: 2021-04-27 07:13:09 lastmod: 2021-04-27 07:13:09 status_changed: 2021-04-27 07:13:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widyasari, Eka Hani creators_name: Sutapa, Panggung title: Pengembangan Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5 - 6 Tahun ispublished: pub subjects: pasca_sarjana divisions: pps_paud full_text_status: public keywords: permainan estafet, kemampuan motorik kasar, anak usia 5 - 6 tahun abstract: Penelitian ini memiliki tujuan : (1) untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan moto rik kasar anak usia 5 - 6 tahun, (2) menghasilkan permainan estafet dengan keunikan yang layak untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5 - 6 tahun, (3) mengetahui tingkat keefektifan permainan estafet yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan m otorik kasar anak usia 5 - 6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) yang menggunakan model Borg & Gall. Desain pelaksanaannya akan dikelompokkan menjadi tiga prosedur. Subjek uji coba lapangan kecil dilakukan pada satu sekolah. Uji lapangan besar dilaksanakan di 2 sekolah dan terakhir uji operasional dilakukan pada 3 sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket guru, dan lembar unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Samples Test dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) untuk meningkatkn kemampuan motorik kasar pada anak usia 5 - 6 tahun dapat menggunakan pengembangan permainan estafet, (2) dilihat dari materi dan media yang digunakan u ntuk permainan estafet yang diadaptasi sudah dapat digunakan, (3) pengembangan permainan estafet yang digunakan memiliki keefektifan yang baik karena melalui uji t diperoleh hasil yang signifikan yang naik dari sebelum diberikan perlakuan dengan sesudah di berikan perlakuan. Kata kunci: permainan estafet, kemampuan motorik kasar, anak usia 5 - 6 tahun date: 2020-03-31 date_type: published institution: Pascasarjana department: PAUD thesis_type: tesis referencetext: Ailwood, J. (2003). Governing early childhood education through play. Contemporary Issues in Early Childhood, 4(3), 286 – 299. Doi:10.2304/ciec.2003.4.3.5 Agung, T. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET . Alston, R. (2017). 20 exciting relay race for kids. Diperoleh 26 September 2018, dari http://www.mamaslikeme.com/20 - exciting - relay - races - for - kids/ . Aminudin. (2010). Teknik penjelajahan di sekitar sekolah. Jakarta: Quandra. Bjartveit, C., & Panayotidis, E. L. (2017). Transforming early childhood educators’ conceptions of “dark play” and popular culture. Contemporary issues in early childhood , 18 (2), 114 - 126. Buan, A., & Lestari, S. Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui lari estafet pada anak usia 5 - 6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 5 (3). Beaty Janice, J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini edisi ketuju . Surabaya: Cropp Media . Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research an introduction . New York and London: Longman Inc. Cahyo, A. N. (2011). Gudang permainan kreatif khusus asah otak kiri anak . Jogjakarta: FlashBooks . Carr Gerry . ( 2000) . Atletik untuk sekolah . Jakarta : PT . Raja Grafindo Persada. Deli, E., Bakle, I., & Zachopoulou , E. (2006). Implementing intervention movement programs for kindergarten children. Journal of Early Childhood Research , 4(1), 5 – 18. Doi:10.1177/1476718x06059785. Desmita. (2007). Psikologi perkembangan . Bandung: Remaja Rosdakarya. Essa, E. (2012). Introduction to early childhood education . Nelson Education. Giren, S. (2016). Early childhood education teachers’ metaphors about play concept for preschoolers/okul öncesi öğretmenlerinin “okul öncesi dönem çocuğu için oyun” kavramına ilişkin metaforları. Eğitimde Kuram ve Uygulama , 12 (1), 372 - 388. Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding motor development: infants, children, adolescents, adults. Jones & Bartlett Learning. Hasnida. (2014). Analisis kebutuhan aud. Jakarta Timur: PT. Luxsima Metro Media. Hughes, F. P. (Ed.). (2009). Children, play, and development . Sage. 177 Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak (jilid 1) (terjemahan ). Jakarta: Penerbit Erlangga . Hyvonen, P. T. (2011). Play in the school context? The perspectives of finnish teachers. Australian Journal of Teacher Education , 36 (8), 5. Ismail, A. (2006). Education games . Yogyakarta: Pilar Media . Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan pengembangan anak usia taman kanak - kanak . Jakarta: Grasindo . Kartini , K. (2007). Psikologi perkembangan anak (psikologi perkembangan). Bandung: CV Mandar Madju. Larsen, L. J. (2015). Play and space – towards a formal definition of play . International Journal of Play, 4(2), 175 – 189. Doi:10.1080/21594937.2015.1060567. Lynch, M. (2015). More play, please: the perspective of kindergarten teachers on play in the classroom. American Journal of Play , 7 (3), 347 - 370. Madrona, P. G. (2014). Site development and teaching of motor skills in early childhood education. Journal of Arts and Humanities , 3 (11), 09 - 20. Mikdar, U. Z. (2006). Hidup sehat: nilai inti berolahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan . Moeslichatoen, R. (2004). Metode pengajaran di taman kanak - kanak . Rineka Cipta. Mutohir, T. C. (2004). Perkembangan motorik pada masa anak - anak. Jakarta: Proyek Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Olahraga, Direktorat Jenderal Olahraga, Depdikanas . Olivia & Bernardi. (2013). Children's play and early child hood education: Insights from history and theory. Journal of education , 177 (3), 129 - 148. Papalia, D. E. dkk. (2014). Perkembangan manusia edisi 12. Jakarta: Salemba. Pradipta, G. D., & Sukoco, P. (2013). Model senam si buyung untuk pembelajaran motorik ka sar pada siswa taman kanak - kanak. Jurnal Keolahragaan , 1 (2), 130 - 141. Rahyubi, H. (2012). Teori - teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media Rifa, I. (2012). Koleksi games edukatif di dalam dan luar sekolah . Yogyakarta: Flash Books . Samsudin. (2008). Pembelajaran motorik di taman kanak - kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group. Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Yogyakarta: Erlangga 178 Satya, W. I. (2006). Membangun kebugaran jasmani dan kecerdas an melalui bermain. Depdiknas, Dirjen Dikti, Direktorat Ketenagaan . Saputra, Y. M & Rudiyanto. (2005). Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan anak TK . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Singer, D., Golinkoff, R. M., & Hirsh - Pasek, K. (2006). Play= learning: How play motivates and enhances children's cognitive and social - emotional growth . Oxford University Press. Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan usia dini . Jakarta: Grasindo . Sugiyono. (2013). Cara m udah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta. Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2005). Menu pembelajaran anak usia dini . Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia . Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan j amak. Jakarta: Indeks , 76 . Sukamti, E. R. (2001). Perkembangan motorik kasar anak usia dini sebagai dasar menuju prestasi olah raga. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2018, dari http://staffnew. uny. ac. id/upload/131568302/penelitian/perkembangan+ motorik+ kasar+ anak+ usia+ dini. pdf . Sumantri. (2005). Model pengembangan keterampilan motorik anak usia dini . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Suparno, Samsul, M & Sry, A. R. (2017). The effect of estafet games on the motor skills children age 5 - 6 year i n aba karangmalang kindergarten. Research and Analysis Jornal. 3 (12). Doi: 10.18535/rajar/v3i12.09. Suyanto, S. (2005). Dasar - dasar pendidikan anak usia dini . Yogyakarta: Hikayat Publishing . Theobald, M., Danby, S., Einarsdóttir, J., Bourne, J., Jones, D., Ross, S., & Carter - Jones, C. (2015). Children’s perspectives of play and learning for educational practice. Education sciences , 5 (4), 345 - 362. Verenikina, I., Harris, P., & Lysaght, P. (2003, July). Child's play: computer games, theories of play and ch ildren's development. In Proceedings of the International Federation for Information Processing Working Group 3.5 Open Conference on Young Children and Learning Technologies - Volume 34 (pp. 99 - 106). Australian Computer Society, Inc .. Wang, J. H. - T. (2004). A study on gross motor skills of preschool children. Journal of Research in Childhood Education, 19(1), 32 – 43. Doi:10.1080/02568540409595052. Wardani, D. (2009). Bermain sambil belajar . Bandung: Edukasia . Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar citation: Widyasari, Eka Hani and Sutapa, Panggung (2020) Pengembangan Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5 - 6 Tahun. S2 thesis, Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/70521/1/fulltext_eka%20hani%20widyasari_17717251018.pdf