%L UNY70519 %A Thea Yuliana Anjari %A Edi Purwanta %X Penelitian ini bertujua n untuk: (1) Memperoleh informasi kebutuhan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan untuk menstimulasi creative thinking anak (2) Menghasilkan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan yang layak untuk menstimulasi creative thinking anak (3) Menguji keefektifan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan untuk dapat menstimulasi creative thinking anak. Penelitian pengembangan ini mengacu pada tahapan desain pengembangan yang dikembang kan oleh Borg & Gall, yang terdiri dari sembilan tahapan. Penelitian ini dilakukan di TK Pembina Negeri dan TK Harapan Bunda partisipant 124 anak. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket respon guru. Penelitian ini menghasilkan model p embelajaran discovery learning berbasis lingkungan yang dapat digunakan oleh guru untuk menstimulasi creative thinking anak. Pada uji validasi, Ahli materi memberi skor 56 dan ahli media memberi skor 50. Guru memberi skor 49,7 (kategori baik) dan 55,9 (kat egori sangat baik) pada uji coba luas. Keefektifan model pembelajaran discovery learning diperoleh berdasarkan peningkatan pemberian stimulasi pada creative thinking anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai α < 0,05 sehingga menunjukkan ba hwa terdapat perbedaan yang sginifikan antara kelas eksperimen dan kelas kotrol. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis lingkungan efektif dalam menstimulasi creative thinking anak usia 5 - 6 tahun. Kata Kunci: anak usia 5 - 6 tahun, creative thinking, discovery learning , lingkungan %K anak usia 5 - 6 tahun, creative thinking, discovery learning , lingkungan %D 2020 %I Pascasarjana %T Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan u ntuk Menstimulasi Creative Thinking Anak Usia 5 - 6 Tahun