eprintid: 7047 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 2 dir: disk0/00/00/70/47 datestamp: 2012-10-31 00:18:35 lastmod: 2012-10-31 00:18:35 status_changed: 2012-10-30 07:30:55 type: article metadata_visibility: show creators_name: Ali, Mahmudi creators_id: ali_uny73@yahoo.com title: Menulis sebagai Strategi Belajar Matematika ispublished: pub subjects: snmpm_2009 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Komunikasi yang baik antara guru dan siswa merupakan prasyarat mutlak bagi berhasilnya kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk komunikasi tersebut adalah melalui tulisan. Dalam pembelajaran, siswa dapat diminta untuk mengemukakan ide-ide mereka secara tertulis. Dengan menulis, pemikiran siswa yang masih mentah dan belum tertata akan lebih terkoordinasi secara lebih utuh. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menulis dapat dipandang sebagai salah satu cara bagi siswa untuk belajar. Dengan kata lain, menulis dapat dipandang sebagai strategi belajar. Tulisan ini akan memaparkan bagaimana menulis menulis dapat dipandang sebagai strategi belajar matematika. Kata kunci: menulis, strategi belajar matematika date: 2009 publication: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978‐979‐16353‐3‐2 official_url: http://www.uny.ac.id citation: Ali, Mahmudi (2009) Menulis sebagai Strategi Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2 document_url: http://eprints.uny.ac.id/7047/1/P32%20Ali%20Mahmudi.pdf