%0 Thesis %9 S2 %A Indar, Indar %A Jabar, Cepi Safruddin Abdul %B Manajemen Pendidikan %D 2020 %F UNY:70468 %I Program Pascasarjana %K Evaluasi, program, keprofesian, guru, SMP %T Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Menengah Pertama Unggul di Kabupaten Magelang. %U http://eprints.uny.ac.id/70468/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian dilakukan di 8 SMP unggul Kabupaten Magelang dengan melibatkan 135 sampel yang dipilih secara acak dari 218 jumlah populasi. Data diambil dengan menggunakan metode kuesioner. Kuesioner yang digunakan sebelumnya diuji validitas dan reliabiltasnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis matematis, untuk menentukan tingkat keberhasilannya menggunakan pedoman representasi nilai efektivitas. Hasil penelitian ini adalah, 1) efektivitas konteks dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang secara keseluruhan menunjukkan nilai persentase sebesar 86,01% dari yang diharapkan; 2) efektivitas input dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang sebesar 79,24% dari yang diharapkan; 3) efektivitas proses dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang sebesar 78,31% dari yang diharapkan; dan 4) efektivitas produk dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di kabupaten Magelang secara keseluruhan menunjukkan efektivitas yang “sangat baik”. Berbagai peningkatan telah terjadi mulai dari peningkatan kompetensi guru hingga berimbas pada peningkatan prestasi siswa di SMP unggul Kabupaten Magelang.