eprintid: 70466 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/04/66 datestamp: 2021-04-16 02:51:35 lastmod: 2021-05-28 05:21:13 status_changed: 2021-04-16 02:51:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prastowo, Agung Rizky creators_name: Raharja, Setya title: Evaluasi Manajemen Kurikulum pada Kebijakan Lima Hari Sekolah SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta. ispublished: pub subjects: D10 divisions: pps_mp full_text_status: restricted keywords: Evaluasi Manajemen Kurikulum pada Kebijakan Lima Hari Sekolah SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen kurikulum pada kebijakan lima hari kerja di SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model CIPP. Subjek penelitian adalah 11 kepala sekolah dan 171 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Validitas butir diterapkan dengan teknik validasi isi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Context manajemen kurikulum pada lima hari sekolah SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta pada sub-aspek kebijakan lima hari sekolah dan sub-aspek manajemen kurikulum sekolah menengah termasuk dalam kategori sangat siap dengan rata-rata frekuensi sebesar 42,00 dan 30,80. (2) Input manajemen kurikulum pada lima hari sekolah SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat baik pada sub- aspek peserta didik memiliki rata-rata 20,85, sub-aspek tenaga pendidik dan kependidikan memiliki rata-rata 30,37, sub-aspek sarana dan prasarana memiliki rata-rata 25,82, dan sub aspek sumber dana memiliki frekuensi rata-rata 13,06. (3) Process manajemen kurikulum pada lima hari sekolah SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta memperoleh nilai rata-rata pada sub-aspek perencanaan 26,47, sub- aspek pelaksanaan 31,73, dan sub-aspek evaluasi 23,59 sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. (4) Product manajemen kurikulum pada lima hari sekolah SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta memiliki rata-rata pada sub-aspek hasil kurikulum lima hari sekolah 30,35 dan sub-aspek pengembangan 31,91 sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. date: 2020-12-15 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Alsubaie. M. A. (2016). Curriculum Development: Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice. Vol. 7. No. 9, 106-107. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. __________. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Arikunto, S & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Handayani, N. M. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah 5 Hari (Ps5h) Dengan Menggunakan Model Cipp Studi Kasus Di Smk Negeri 2 Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Hasan, H. (2012). Evaluasi Kurikulum. Bandumg : PT. Remaja Rosdakarya. Hannele, N. & Ritva J. S. (2006). Teacher Education Curriculum of Secondary School Teachers. Universitas Helsinki, Finlandia Ikhwandhia, M. (2016). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran dengan Program Sekolah Lima Hari (PSLH) di SMK Negeri 1 Magelang. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika, Vol 5, Nomer 2. Indahri, Y. (2017). Kebijakan Lima Hari Sekolah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Jadhav, M. S. (2013). Role Of Teachers’ In Curriculum Development For Teacher Education. Department of Education and Physical Education Mahavir Mahavidyalaya. Shivaji University, Kolhapur. James, E. L. (2002). Reconstitution, small schools, school-based management, etc., in Richard C. Hunter, Frank Brown (ed.) Challenges of Urban Education and Efficacy of School Reform (Advances in Educational Administration, Volume 6) Emerald Group Publishing Limited, pp.313 – 337. Hasibuan, Malayu S.P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara. 137 Kebijakan Belajar Lima Hari Sekolah Kuatkan Karakter. (12 Juni 2017). Republika, hlm .6. Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Intrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press. Muawanah, S. (2018). Dampak Pelaksanaan Program Lima Hari terhadap lembaga Pendidikan Islam di Kota Salatiga. Balai Penelitian dan pengembangan agama Semarang. Al Qalam 24, 99-114. MUI Banyumas Ingatkan Dampak Lima Hari Sekolah. (9 agustus 2017) Republika.co.id. https://www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp/oudmdm383 Muslich, M. (2011). Pendidikan Krakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : PT Bumi Aksara. Oemar, H. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Permendikbud. (2007). Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Pasal 1, Pasal 2 & Pasal 3. ________. (2019). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Penerapan Sekolah ‘Full Day” Dinilai Masih Banyak Kekurangan. (9 Agustus 2016). CNN Indonesia. https://m.cnnindonesia.com/nasional/20160809193327-20- 150281/penerapan-sekolah-Full-day-dinilai-masih-banyak-kekurangan ___________. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23. Tahun 2017. tentang Pengaturan Hari Sekolah. Pasal 1 & Pasal 2. ___________. (2018). Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan Nomer 32. Tahun 2018. tentang Pendidk dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Pertama. Pasal 32. ___________. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35. Tahun 2018. tentang Kurikulum Sekolah menengah. Pasal 1. ___________. (2020). Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Regular Nomor8. Tahun2020. tentang Ptunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Regular. Pasal 1-22. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomer 20. Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Rukajat Ajat. (2018). Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta : Budi Utama. 138 Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta : Rajawali Pers. Samani, M. & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung : Remaja Rosdakarya. Santrock, J. W. (2012). Live-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga. Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi Vol. 14. No 2. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. ________. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : CV. Mandar Maju. Susanti, I. (2019). The Evaluation Of Curriculum 2013 Implementation Of Class I And IV At SD Kecamatan Air Kumbang. International Journal Of Scientific & Technology Research. Vol. 8 Issue 4. 293-299. Thomas, D. (2007). “Making schools practical”: Practice firms and their function in the full‐time vocational school system in Germany",Education + Training, Vol. 49 Issue: 5, pp.364-379. Bandung ________. (2015). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutama. (2015). Management Of Curriculum 2013 Mathematic Learning Evaluation In Junior High school. International Journal of Education. Vol 7, No. 3. 164-174. Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2012). Manajemen Pendidikan. : Alfabeta. Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum & pembelajaran. jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Torang, S. (2013). Organisasi dan Manajemen (Perilaku, struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung : Alfabeta. Usman, H. (2010). Manajemen (Teori, Praktek dan Riset Pendidikan). Jakarta: citation: Prastowo, Agung Rizky and Raharja, Setya (2020) Evaluasi Manajemen Kurikulum pada Kebijakan Lima Hari Sekolah SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/70466/1/tesis-agung%20rizky%20prastowo-17703251033.pdf