eprintid: 70461 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/04/61 datestamp: 2021-04-16 02:20:50 lastmod: 2021-05-28 04:42:50 status_changed: 2021-04-16 02:20:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Huda, Imam Nur creators_name: Usman, Husaini title: Peningkatan Kepemimpinan Kepala Sekolah di MA Futuhiyyah 2 dan MA Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak. ispublished: pub subjects: D10 divisions: pps_mp full_text_status: restricted keywords: Peningkatan, Kepemimpinan, Kepala Sekolah abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah di MA Futuhiyyah 2 dan MA Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis fenomenologi. Tempat penelitian adalah MA Futuhiyyah 2 dan MA Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak. Key informant adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru BP/BK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi kredibilitas, transfermabilitas, depandabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitian adalah peningkatan kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah MA Futuhiyyah 2 dan MA Al-Hadi Girikusuma adalah menjalani program diklat dalam dua tahun terakhir sebanyak satu kali, mengikuti sejumlah workshop dan melakukan pembelajaran mandiri. Sedangkan upaya peningkatan kepemimpinan kepala sekolah terkait adanya faktor penghambat dan kekurangan dari kepemimpinannya, peneliti memberikan saran pengembangan sebagai berikut: 1) mengembangkan diri secara formal, nonformal atau informal secara terus menerus, 2) melakukan analisis kebutuhan dan analisis SWOT dalam membuat kebijakan baru, 3) stand by di sekolah, 4) berkolaboratif, pendampingan, dan pemberdayaan kepada guru yang tidak dinamis, 5) memberikan fasilitas berupa sumber daya dan meringankan koordinasi pada guru senior, 6) memperbaiki hubungan dengan beberapa guru melalui pendekatan humanistik, negoisasi win-win solution, koordinasi penghalusan dan perbaikan komunikasi, dan 7) melakukan analisis SWOT dalam perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana. date: 2020-10-27 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Adz-Dzakiey & Bakran, H. (2009). Kepemimpinan kenabian (prophetic leadhership). Yogyakarta: Almanar. Alderfer, C. P. (1972). Existence, relatedness, and growth. New York: FreePress. Anderson, M., Davis, M., Douglas, P., Lloyd, D., Niven, B., & Thiele, H. (2010). A collective act: Leading a small school. Melbourne: Australian Council for Educational Research. Arikunto, S., & Yuliana, L. (2011). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditia Media. Asbari, M., Santoso, P. D., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja inovatif pada industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 7-15. http://doi.org/10.33884/jimupb.v8i1.1562 Banchard, H. P., & Kenneth, K. (2005). Management of organizational behavior: Utilizing human resources (4 citation: Huda, Imam Nur and Usman, Husaini (2020) Peningkatan Kepemimpinan Kepala Sekolah di MA Futuhiyyah 2 dan MA Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/70461/1/tesis-imam%20nur%20huda-18703251021.pdf