TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/70441/ AV - restricted KW - manajemen KW - perpustakaan digital KW - perpustakaan TI - Manajemen Perpustakaan Digital di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. M1 - tesis ID - UNY70441 PB - Program Pascasarjana A1 - Perdana, Irsa Arma A1 - Prasojo, Lantip Diat Y1 - 2020/06/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Alasan dan dasar penerapan perpustakaan digital, (2) Manajemen perpustakaan digital, dan (3) Unsur hardware, software, brainware perpustakaan digital (4) Hambatan dan strategi dalam penerapan perpustakaan digital di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta (5) Perbedaan manajemen kedua perpustakaan digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Perpustakaan UGM dan Perpustakaan UNY. Subjek penelitian meliputi kepala perpustakaan, kepala bidang database dan jaringan perpustakaan UGM, Kasubag TU perpustakaan UNY, koordinator bidang koleksi perpustakaan UNY, teknisi, dan mahasiswa UGM dan UNY. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, depenabilitas, dan konfirmabilitas dari teori Sugiono (2017). Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif menurut Miles, Huberman, & Saldana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) perpustakaan digital UGM dan UNY diterapkan karena pengaruh perkembangkan teknnologi dengan dasar kebijakan rektor. (2) Perpustakaan UGM dan UNY menerapkan fungsi-fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk keterlaksanaan perpustakaan digital dengan baik. (3) Hardware yang digunakan yakni perangkat komputer, jaringan serta scanner untuk alih media. Software yang digunakan merupakan hasil buatan atau kembangan dari pihak perpustakaan. Brainware yang bertugas merupakan teknisi berkeahlian khusus di bidang teknologi serta pustakawan terlatih. (4) Hambatan yang dihadapi meliputi kurangnya pegawai, permasalahan kerusakan, excessive download, serta permasalahan jaringan. Kekurangan pegawai diatasi dengan pengajuan penambahan pegawai, sedangkan permasalahan kerusakan, jaringan, serta excessive download diselesaikan oleh teknisi dan apabila tidak teratasi akan melakukan koordinasi dengan pihak DSSDI (UGM) maupun PUSKOM (UNY). (5) Perbedaan kedua perpustakaan digital tersebut terdapat pada sarana dan prasarana (pendirian gedung untuk UNY dan penggunaan dua ruangan akses di Perpustakaan UGM), jumlah dan jenis koleksi, serta pada implementasi penempatan pekerja. (6) Perbandingan kedua perpustakaan digital tersebut yakni perpustakaan UNY unggul dalam penyediaan sarana dan prasarana sementara perpustakaan UGM unggul dalam penyediaan koleksi serta penerapan jumlah pegawai yang bertugas. ER -