TY - THES KW - kenakalan siswa KW - manajemen pencegahan dan penanggulangan Y1 - 2020/06/30/ ID - UNY70440 AV - restricted TI - Manajemen Pencegahan dan Penanggulangan Kenakalan Siswa di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Yogyakarta. PB - Program Pascasarjana A1 - Taruna, Zismeda A1 - Suyanto, Suyanto N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) pemantauan pencegahan dan penanggulangan kenakalan siswa di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Yogyakarta, yang hasilnya akan membentuk pola manajemen pencegahan dan penanggulangan kenakalan siswa beserta dengan dampak yang terjadi setelah pelaksanaan upaya tersebut di dua sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, menampilkan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan dimulai dengan identifikasi potensi sekolah, penyusunan program, dan anggaran. (2) Pengorganisasian pencegahan dan penanggulangan kenakalan siswa melalui pembentukan tim khusus beserta dengan tugasnya. Nama tim khusus di SMK Negeri 2 Yogyakarta adalah tim budaya, sedangan di SMK Negeri 3 Yogyakarta tim ketertiban. (3) Pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan kenakalan siswa di dua sekolah tersebut dilakukan melalui kegiatan bina karakter dan gerakan literasi yang diintegrasi ke dalam proses pembelajaran, pembinaan keagamaan, satu sekolah dua polisi (SSDP), razia, dan pemberian sanksi pada pelanggar tata tertib sekolah. (4) Pemantauan dilakukan langsung oleh kepala sekolah berkoordinasi dengan tim khusus serta melibatkan pengawasan kepolisian dalam program SSDP. (5) Dampak dari pencegahan dan penanggulangan kenakalan siswa adalah siswa menjadi lebih disiplin dan mempunyai ruang yang tepat untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakatnya, namun masih terjadi beberapa kasus kenakalan siswa berupa tawuran. M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/70440/ ER -