%T Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Anak %D 2020 %I Pascasarjana %L UNY70436 %X enelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kebutuhan dalam pengembangan model kooperatif untuk menstimulasi karakter toleransi anak; (2) menghasilkan produk berupa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar yang layak untuk meni ngkatkan karakter toleransi anak usia 5 - 6 tahun, dan (3) mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar untuk menstimulasi karakter toleransi anak usia 5 - 6 tahun. Penelitian ini merupakan research and devel opment (R & D) yang mengikuti prosedur pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah anak usia 5 - 6 tahun dan guru di TK Purbasari, TK Ngesti Rini, TK N 3 Sleman, dan TK N 2 Sleman. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data analisis kebutuhan dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan observasi. Data kelayakan model pembelajaran dikumpulkan dengan angket. Data keefektifan model pembelajaran dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan den gan menggunakan uji paired sample t test dan uji independent sample t test . Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk stimulasi karakter toleransi anak dibutuhkan model yang menarik seperti model kooperatif tipe make a match berbasis cerita be rgambar yang dilengkapi dengan indikator pencapaian dan cerita bergambar yang memuat pesan moral; (2) model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan praktisi; (3) model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar efektif untuk meningkatkan karakter toleransi anak usia 5 - 6 tahun. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji paired sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05), artinya model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar efektif untuk meningkatkan karakter toleransi. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, make a match, toleransi, anak %A Atik Setyowati %A Suparno Suparno %K Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, make a match, toleransi, anak