eprintid: 70434 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/04/34 datestamp: 2021-04-14 03:49:43 lastmod: 2021-05-28 05:22:37 status_changed: 2021-04-14 03:49:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratomo, Bagas Dwi creators_name: Arifin, Zainal title: Pengaruh Servant Leadership Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Motivasi Kerja Guru, dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Temanggung. ispublished: pub subjects: D10 divisions: pps_mp full_text_status: restricted keywords: disiplin guru, kinerja guru, komitmen guru, motivasi kerja guru, servant leadership kepala sekolah abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership kepala sekolah serta disiplin guru, motivasi kerja guru, dan komitmen guru terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru dari enam SMK Negeri di Kabupaten Temanggung yang berjumlah 277 orang. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan menghasillkan 164 orang guru dari enam SMK Negeri tersebut. Terkait pengumpulan data, angket berisikan validitas item dengan pertimbangan ahli dan uji empirik digunakan untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian kemudian diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program smartPLS v.2.0. Hasil pengujian menunjukkan (1) servant leadership tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja, (2) servant leadership berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin sebesar 25%, terhadap motivasi kerja sebesar 18% , dan terhadap komitmen sebesar 20%, (3) disiplin, motivasi kerja, dan komitmen berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja sebesar 71%, (4) servant leadership berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan dimediasi disiplin, motivasi kerja, dan komitmen. Peningkatan kinerja secara signifikan tidak dipengaruhi oleh servant leadership. Meskipun begitu, servant leadership berpengaruh positif signifikan dengan melalui mediasi disiplin, motivasi kerja, dan komitmen. date: 2020-05-17 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Agoes, D. (2013). Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks. Ahmad Suriansyah. (2014). Hubungan Budaya Sekolah, Komunikasi, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri.Cakrawala Pendidikan, 33 (3), 358-367 Ali Imron. (1995). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya. Amah,O.E.(2018). Determining the Antecedents and Outcomes Of Servant Leadership. Journal of General Management. 43 (3), 126-138. Andreas Au Hurit. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA se Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta. Arbain. (2013). Pengaruh Servant Leadership pada Komitmen Organisasional Guru di SMK N 2 Sewon Bantul. Tesis. Universitas Gadjah Mada Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Banutu-Gomez, M. B. (2004). Great leaders teach exemplary followership and serve as servant leaders. The Journal of the American Academy of Business, 4 (1), 143-152. Baron, R.M., dan Kenny, D.A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51. 1173-1182. Blanchard, ken, et. al. (2003). Beginning the Journey Lead Like Jesus. Terjemahan Tim Penerjemah STBi. Bandung: LLB. Bycio, P., Hackett, R, D. and Allen, J, S. (1995). Further assessment of bass (1985) conceptualization of transactional and transformational leadership. Journal of Applied Psychology, 80 (4), 468-78. Cascio. (2006). Managing Human Resource: Productivity, Quality of Work life, Profits. Singapore: McGraw-Hill International Editors. Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Refika Aditama. Colquitt, Lepine, J. A., & Wesson, M., J. (2015). Organizational behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace (4th ed.). USA: Mc. Graw Hill Education. 104 Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. D. Quinn Mills. (2005). Leadership: How to Lead, How to Live. Waltham, MA: MindEdge Press. Danim, Sudarwan. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana. Darwis A. Sulaiman. (1979). Teori dan Praktek Pengajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Deci, E. L., Koestner, R., & Ryan, R. M. (1999). A Meta-Analytic Review of Experiment Examining: The Effects of Extrinsic Rewards On Instrinsic Motivation. Psychological Bulletin, 125 (6), 627-668. Demir, K. (2011). Teachers’ Intrinsic and Extrinsic Motivation As Predictors of Student Engagement. Education sciences. E-Journal Of New World Sciences Academy, 6(2), 1397-1409. Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Donnelly, Gibson and Ivancevich. (2008). Organizations: Behavior, Structure, Processes. New York: McGraw-Hill. Ehrhart, M. G., Kuenzi, M. (2015). Organizational Climate in the Work Setting. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Science, 2nd edition, 17, 327-333. Elliot, A. J., Dweck, C. S., & Yeager, D. S. (2017). Handbook of Competence and Motivation: Theory and Application/edited. USA: Library of Congress Cataloging. Evi Wahyuni. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Keuangan Organisasi Sektor Publik dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nominal. 4 (1), 96-112. Fitri Asterina. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru Terhadap Kinerha Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta. Fornell, C., & Larcker, D. (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research, 18, 39-50. Gary, P. Latham. (2007). Work Motivation: History, Theory, Research, and Practice. California: Thousand Oaks. 105 George, Jennifer M. & Gareth R. Jones. (2002). Organizational Bahavior. New Jersey: Prentice Hall. Ghozali, I. (2009). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, I. dan Latan, H. (2015). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Goe & Leslie. (2008). Teacher Quality and Student Achievement. Washington: National Comprehensive Center For Teacher Learning. Greenleaf, R. K. (2002). Servant Leadership A Journey Into The Nature of Legitimate Power & Greatness. 25th Anniversary Edition. Paulist Press: Marwah New Jersey. Guerriero, Sonia. (2014). Teachers’ Pedagogical Knowledge and the Teaching Profession. Paris: OECD Publishing. Hair, Jr., J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson, dan R.L. Tatham. (2014). Multivariate Data Analysis: 7th Edition. Upper Saddle River: Pearson Education. Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science. 4, 01- 12. Hamideh Shekari & Mahmood Zare Nikooparvar. (2012). Promotiong Leadership Effectiveness in Organizations: A Case Study on the Involved Factor of Servant Leadership. International Journal of Business Administration, Vol. 3, No. 1, 54-65. Hamzah, B. Uno. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Hasibuan, S.P Melayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Kartono, Kartini. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Herman. (2011). Hubungan Kompetensi dengan Kinerja Guru Ekonomi SMA. Jurnal Ekonomi Bisnis. 16 (1), 17-24. Hightower, et. al,. (2011). Improving Student Learning By Supporting Quality Teaching: Key Issues, Effective Strategies. USA: Editorial Projects in Education. 106 I Gede Hendry Kamanjaya, dkk. (2017). Pengaruh Servant Leadership Terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Pegawai. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 6 (7), 2731-2760. Ike Nur Anilasari. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMPN se Kota Yogyakarta. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta. Inom Nasution. (2013). Motivasi Kerja sebagai Salah Satu Faktor Pendorong Kinerja. Visipena: Jurnal Komunikasi Pendidikan. 4 (2), 1-12. Irving, J. A. (2005). Servant Leadership and The Effectiveness of Teams. Dissertation of Doctor of Philosophy in Organizational Leadership, School of Leadership Studies, Regent University. James, L. Gibson, et.al. (1985). Organiversies. Texas: Business Publication Inc. John, W. Santrock. (1977). Life Span Development. Texas: Brown & Benchmark. Kent, M.K. (2016). To Serve First The Servant Leadership Journey. http://toservefirst.com/definition-of-servant-leadership.html Kessler, R. (2011). Competency Based Performance Reviews (terjemahan bahasa Indonesia). Jakarta: PPM. Khurram, Ibn-E-Walled, & Sadia Arif. (2012). Servant Leadership Style on Employees’ Work Performance and Mediation Effect of Work Motivation. International Journal of Economics an Management Sciences. 1 (11), 43- 56. Kreitner, R., & Kinicki, A. (2013). Organizational Behavior (10th ed.). USA: Mc. Graw Hill Companies. Lee, J. C., Zhang, Z., & Yin, H. (2011). A Multilevel Analysis of The Impact of A Professional Learning Community, Faculty Trust in Colleagues and Collective Efficacy On Teacher Commitment To Students. Teaching and Teacher Education, 27 (5), 820-830. Leonard, C. Jr, Trusty, K. A. (2016) Supervision: Concept and Practices of Management, 13 editiont. USA: South Westhern College Pub. Lisbjanto, H., & Budiyanto. (2014). Influence of Servant Leadership on Organization Performance Through Job Satisfaction in Employees’ Cooperative Surabaya. International Journal of Business and Management Invention. 3 (4), 1-6. Luksono Pramudito dan Askar Yunianto. (2009). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja dengan Komitmen Organisasional sebagai Mediasi. TEMA. 6 (1), 1-18. 107 Mangaleswarasharma, R. (2017). Teacher Motivation and Job Satisfaction: A Study on Teachers in Three District in Northern Sri Lanka. PEOPLE: International Journal of Social Sciences. 3(1), 314-323. Mangkunegara, AP. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muh. Ilyas Ismail. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. 13 (1), 44-63. Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Musakabe, H. (2004). Mencari Kepemimpinan Sejati, di Tengah Krisis dan Reformasi. Jakarta: Citra Insan Pembaru. Nasrun. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan, 1 (2), 63-70. Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Nelly Dumatubun. (2018). Pengaruh Servant Leadership Terhadap Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan, dan Komitmen Organisasi. Tesis. Universitas Sanata Dharma. Nelson, Barry. (2013). Exploring the Relationship between the Ventures for Excellence Teacher Style Profile Data and Teacher Performance. A Dissertation. Education Faculty of Lindenwood University. Northouse. (2013). Kepemimpinan. Western Michigan University. Jakarta: PT Indeks. Nur Hamzah. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada PT. Inkud Agritama. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi. 2 (2), 95-101. Pastorsz, J., Valent, S. (2016). Fringe Benefit-still a Motivation?. Proceedings of FIKUSZ ’16 Symposium for Young Researchers, 127-140. Pramudjono. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Tingkat Hierarki Moral, dan Motivasi Terhadap Komitmen Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 34 (3), 449-456. Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. 108 R. John. Schermerhorn, Hunt, G. James, and Osborn, N. Richard. (1983). Managing Organizational Behavior. New York: John Willey & Son. Rayina Parayuda. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan budaya Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Depok, Sleman. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta. Rivai. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Robbins, S. P. (2000). Organizational Behavior. Ner Jersey: Prentice-Hall. Robbins, S. P., & Coulte, M. (2013). Management. Eleventh Edition. England: Pearson Education Limited. Robbins, S. P., & Judge T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. Robert C. Liden, Sandy J. Wayne, Chenwei Liao, & Jeremy D. Meuser. (2014). Servant Leadership and Serving Culture: Influence on Individual and Unit Performance. Academy of Management Journal. 57 (5), 1434 1452. Rue, L. & Byars, L. (2010). Human Resource Management. Boston: Irwin Santosa, P.I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif: Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS, Yogyakarta: Penerbit Andi. Santoso Sastro Poetro. (1990). Partisipasi Komunikasi, Presuasi, dan Disiplin dalam Pembangunan. Bandung: Alumni. See-Kwong Gho dan Brian Zhen-Jie Low. (2013). The Influence of Servant Leadership towards Organizational Commitment: The Mediating Role of Trust in Leaders. International Journal of Bussiness and Management. 9 (1). Sekaran, U., dan Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach 7th Edition, Great Britain: John Wiley and Sons Ltd. Setiyati, Sri. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22 (2). Shafai, Areej Abdullah. (2018). Servant-Leadership in Higher Education in Saudi Arabia. The International Journal of Servant-Leadership. 12 (1), 297-335. Sidik Purwoko. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 6 (2), 149-162. 109 Smith, S.C. & Piele, P. K. (2006). School leadership: Handbook for excellence in student learning. Thousand Oaks: Corwin Press. Soerjono Soekanto. (1986). Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press. Spears,L.(1998). Introduction inGreenleaf,R.K.(Ed.),The Power of Servant Leadership, Berret-Koehler. San Francisco, CA, 1-15. Spencer, L. M, Jr., & Spencer, S. M. (1993) . Competence at work, model for superior performance. New York: John Wiley & Sons, Inc. Stephen, E. S. (2016). Pengaruh Servant Leadership terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Daun Kencana Sakti Mojokerto. Agora, 4 (1), 645-650. Sudjimat, D. A. (2016). Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pemebelajaran LPTK Bidang Pendidikan Kejuruan: Upaya Suksesi INPRES tentang Revitalisasi SMK. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VIII tanggal 12-15 Oktober 2016 dengan tema Arah Kebijakan Pendidikan Guru di Indonesia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. _______. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Sumaryanta, Djemari Mardapi, Sugiman, & Tutut Herawan. Assessing Teacher Competence and Its Follow-up to Support Professional Development Sustainability. Journal of Teacher Education for Sustainability. 20 (1), 106-123. Terry, G. R. (1993) Principles of Management. Illinois: Learning System Company. Tri Ludi Harianto, dkk. (2014). Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Disiplin Kerja pada Dinas Pekerjaan Umum PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi. Scientific Paper. Universitas Negeri Jember. Usman. (2006). Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Van Dierendonck, D. (2011). Servant leadership: a review and synthesis. Journal of Management, 37 (4), 1228-1261. Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Wang, C. (2010). An Empirical Study of the Performance of University Teachers Based On Organizational Commitment, Job Stress, Mental Health, and Achievement Motivation. Canadian Social Science, 6(4), 127-140. 110 Withmore, John. (1997). Coaching For Performance, Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja, Terjemahan Y. Dwi Helly Purnomo. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. Wiwiek Harwiki. (2016). The Impact of Servant Leadership on Organization Culture, Organizational Commitment, Organizational Citizenship Behaviour (OCB) and Employee Performance in Women Cooperatives. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 219, 283-290. Wursanto. (2001). Manajemen Kepegawaian 2. Yogyakarta: Kanikus. Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press. Yukl, G. (2010). Leadership in Organizations (7th edition). Upper Saddle River: Pearson Education Inc. Yuliejatiningsih, Y. (2012). Hubungan Iklim Sekolah, Beban Tugas, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Guru dengan Kinerja Guru SD. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 1 No. 01. Universitas Negeri Malang. jateng.tribunnews.com, diakses pada Minggu, 17 Mei 2020 pukul 10.00 WIB npd.kemdikbud.go.id, diakses pada Sabtu 19 Oktober 2019 pukul 11.20 WIB temanggung.bps.go.id, diakses pada Minggu 17 Mei 2020 pukul 10.01 WIB citation: Pratomo, Bagas Dwi and Arifin, Zainal (2020) Pengaruh Servant Leadership Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Motivasi Kerja Guru, dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Temanggung. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/70434/1/tesis-bagas%20dwi%20pratomo-18703251023.pdf