eprintid: 7043 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 2 dir: disk0/00/00/70/43 datestamp: 2012-10-31 00:18:36 lastmod: 2012-10-31 00:18:36 status_changed: 2012-10-30 07:18:18 type: article metadata_visibility: show creators_name: Sugiman, Sugiman title: PANDANGAN MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS INSANI BESERTA DAMPAK PEMBELAJARANNYA ispublished: pub subjects: snmpm_2009 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Perbedaan pandangan terhadap matematika mempengaruhi perbedaaan pembelajarannya. Trend sekarang memandang bahwa matematika sebagai aktivitas insani dengan menerapkan paradigma belajar. Melalui belajar matematika sekolah, siswa tidak hanya belajar matematika namun juga kegunaan matematika dalam kehidupan sehingga mereka tumbuh menjadi warga negara yang mempunyai kemampuan literasi matematis. Pembelajaran matematika di kelas bersifat kolaboratif dan bermula dengan pemberian soal pemecahan masalah yang konstekstual dan kemudian melalui tahapan enaktif, ikonik, dan simbolik siswa mengalami proses matematisasi horisontal dan vertikal. Kata kunci: aktivitas insani, literasi matematis, kolaboratif, matematisasi. date: 2009 publication: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978‐979‐16353‐3‐2 official_url: http://www.uny.ac.id citation: Sugiman, Sugiman (2009) PANDANGAN MATEMATIKA SEBAGAI AKTIVITAS INSANI BESERTA DAMPAK PEMBELAJARANNYA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2 document_url: http://eprints.uny.ac.id/7043/1/P26-Sugiman.pdf