eprintid: 70403 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/04/03 datestamp: 2021-04-12 04:09:31 lastmod: 2021-05-28 04:26:35 status_changed: 2021-04-12 04:09:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sarjiwo, Sarjiwo creators_name: Suherman, Wawan S title: i INTERNALISASI WIRASA DENGAN OLAH TUBUH DALAM PEMBELAJARAN TARI ispublished: pub subjects: pasca_sarjana divisions: pps_ip full_text_status: restricted date: 2021-04-06 date_type: published institution: Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Achmad, S. & Tranggono, I. (2016). Profil seniman & b udayawan Yogyakarta. Yogyakarta: UPTD Taman Budaya Yogyakarta. Achmad, S.W. (2019). Sejarah a gama Jawa. Yogyakarta: Araska . Admadipurwa, P. (2007). Joged mBagong di sebalik Bagong Kussudiardja. Yogyakarta: Yayasan Bagong Kussudiardja. Amstrong, T. (1994). Multiple intelligences in the classroom. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development. Basri, M. (2001). Manfaat olah tubuh bagi seorang p enari. Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 2(3) , 61 - 71. Bernadib, I. (2013). Filsafat pendidikan: S istem dan m etode. Yogyakarta: Om bak. Ciptoning, B. (2007). Rasa dan gerak: Bentuk isi penyajian t ari Jawa. Jurnal Seni Tari, 2(2) , 89 - 111. Creswell. J. W. (2013). Qualitative inquiry & Research design: Choosing among fife approaches. Thousand Oaks, California: SAGE Publications Ltd. Damayanti, I., Sabana, S. , & Adriati, I. (2014). Kajian aspek ketidaksadaran dalam karya seni rupa Indonesia p eriode 2000 - 2011. Journa l of Urban Society's Arts, 14(1) , 17 - 26. de Jong, S. (1976). Salah satu sikap h idup o rang Jawa. Yogyakarta: Penerbitan Yayasan Kanisius. Dewan Ahli Yayasan Siswo Among Bekso. (1981). Kawruh j oged Mataram. Yogyakarta: Yayasan Siswo Among Bekso Yogyakarta. Dibia, I. W. (2012). Taksu: Dalam seni dan k ehidupan Bali. Denpasar: Bali Mangsi. Dibia, I. W. (2013). Puspasari seni t ari Bali. Denpasar: UPT Penerbitan ISI Denpasar. Drijarkara, N . S. J. 1966. Pertjikan filsafat. Djakarta: PT Pembangunan Djakarta. Endraswara, S. (2018). Psikologi raos dalam wayang. Yogyakarta: Narasi. Fitriani, Y. & Hadi anda, D. (2016). Internalisasi karakter individu melalui pendidikan musik menuju kerangka konseptual sebuah kualitas p embelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(2) , 140 - 153. 252 Hakam , K. A. & Nurdin, E. S. (2016). Metode internalisasi nilai - nilai . Bandung: Maulana Media Grafika. Hamalik, O. (2003). Proses belajar m engajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hastuti, B. B. , & Supriyanti. (2015). Metode transformasi kaidah estetis tari tradisi g aya Surakarta. Jurnal Ilmiah Seni & Budaya 25(4) , 356 - 367. Hawkins, A. M. (1991). Moving from within: A n ew method for dance m aking. Chicago: Acapella Books, Incorporated. Hersapandi. (2012). Rusman antara magnit Bung Karno dan kharisma Gathutkaca wayang o rang Sri Wedari. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Pengembang an Seni dan Pariwisata Indonesia (LP2SPI). Howe, D. (2015). Empati makna dan pentingnya. (Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar . (Edisi asli diterbit kan tahun 2013 oleh Palgrove. Macmillan). Irawan , D. (Editor). (2017). Paradikma pendidikan s eni. Yogyakarta: Thafa Media. Jaenudin, U. (2012). Psikologi t ranspersonal. Bandung: Pustaka Setia. Junaedi, D. (2016). Estetika: Jalinan subjek, objek dan n ilai. Yogyakarta: ArtCiv. Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Pendidikan karakter: Internalisasi dan metode pembelajaran di sekolah. Jakarta: Kata Pena. Kuswarsantyo. (2014). Dialektika seni p ertunjukan. Yogyakarta: Bale Seni Condroradono, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, SMKI Yogyakarta. Kuswarsantyo, Kusminari, & Juliantara, D. (Editor) . (2012). Greged j oged Jogja. Yogyakarta: Bale Seni Condroradono Bekerjasama dengan ISI Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, SMKI Yogyakarta. Langer, S. K. (1957). Problem of a rt. New York: Charles Seribner's Sons. Mahfud, C. (2014). Pendidikan m ultikultural. Yogyakarta: Pusta ka Pelajar. Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. (2013). K i Hadjar Dewantara: Pemikiran, konsepsi, keteladanan, sikap m erdeka, Buku 1 (pendidikan). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST - Press). 253 Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. (2013). K i Hadjar Dewantara: Pemikiran, konsepsi, keteladanan, sikap m erdeka, Buku II (Kebudayaan). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST - Press). Marianto, M. D. (2017). Art & life force in a quantum p erspective. Yogyakarta: Script Books Publisher. Maryani, D. (2007). Wiraga, wirama, wirasa dalam tari tradisi g aya Surakarta. Jurnal Seni Budaya. 5(1) , 28 - 41. Masunah, J., & Narawati, T. (2003). S eni dan pendidikan seni: Sebuah bunga r ampai. Bandung: Pusat Peneliti an dan Pengembangan Pendidikan Seni Tradisional (P4ST) UPI. Michelaki , E. & Bournelli, P. ( 2016 ). The development of bodily - kinesthetic intelligence through creative dance for preschool student. J ournal of E ducational an d S ocial R esea r ch , 6(3), 23 - 32. Retrieved from https://www.mcser.org/journal/index.php/jesr/article/view/9483 Mitchell , M. & Kernodle, M. ( 2004 ). Using multiple intelligences to tennis. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 75(8) , 27 - 32 . Retrieved from https:// doi .org / 10.1080/07303084.2004.10607286 Minim penari berkemampuan penghayatan karakter. ( 27 Maret 2017 ). Kedaulatan Rakyat, hl m . 13. Nielson, G. & Polansky, J. (2011). Kehebatan energi pendulum: Mempertajam i ndra ke 6. (Penyadur Dean PR). Semarang: Dahara Prize. Penari perlu kembali mengolah rasa. (27 Maret 2018 ) . Kedaulatan Rakyat , hlm. 13. Prabowo, W. S. (2015). Tentang tubuh penari dan penciptaan t ari Jawa. Jurnal Seni Tari, Joged, Volume 7 , 135 - 144. Prawiroatmodjo. (1989). Bausastra Jawa - Indonesia. Jakarta: CV Haji Masagung. Prawiroatmodjo, S. (1988). Bausastra Jawa - Indonesia. Jakarta: Haji Masagung. Priyatni, E. T. (2013). Internalisasi karakter percaya diri dengan teknik scaffolding. Jurnal Pendidikan Karakter, III (2), 164 - 173. Pudjijogyanti, C. (1991). Konsep diri dalam p endidikan. Jakarta: Penerbit ARCAN. Rahayuning, A. K. P. (2010) . I Wayan Geria: Penari, pencipta, dan guru seni p ertunjukan Bali. Jurnal Penelitian dan Penciptaan Seni, 10(1) , 1 - 11. 254 Read, H. (1967). The meaning of a rt. Baltimore: Penguins Books. Republik Indonesia. (2003). Undang - Undang RI N omor 20, T ahun 2003 t entang S istem P endidikan Na sional. Republik Indonesia. (2012). Undang - Undang RI N omor 13, Tahun 2012 t entang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from https://kumparan.com/kumparansains/menilik - kualitas - pendidikan - indonesia - menurut - pisa Retrieved from http://www.kamusbesar.com/idiosinkrasi Retrieved from https://www.kratonjogja.id/raja - raja/9/sri - sultan - hamengku - buwono - viii Rus tiyanti, S. (2013). Kompetensi penari: Alua patuik raso p areso. Jurnal Seni Pertunjukan, 14(2) , 153 - 161. Sabdacarakatama, K. (2009). Sejarah k eraton Yogyakara. Yogyakarta: NARASI. Saksono, I. G. (2014). Tuhan dalam budaya Jawa. Yogyakarta: KALIWANGI. Sarjiwo. (2008). Olah tubuh dalam perspektif pembelajaran wirasa t ari. Jurnal Ilmiah Seni & Budaya, 18(2) , 147 - 159. Sar jiwo. (2012). Sistem Transmisi wayang wong gaya Yogyakarta: Studi kasus karakteristik p ocapan. Jurnal Seni Tari, 3(1) , 50 - 60. Schechner, R. (2002). Performance studies. London: Routlege. Schunk, D. H. (2012). Teori - teori pembelajaran: Perspektif pendidikan. Edisi Keenam. (Terjemahan E va Hamdiah dan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2012 oleh Pearson Education, I nc.) Se tianingsih, Y. (2014). Peranan olah tubuh untuk meningkatkan keterampilan gerak dalam t ari pada Anak - Anak SMP Negeri 01 Karangkobar. Jurnal Seni Tari, 3(1) , 1 - 9. Setiyastuti, B. (2011). Melatih tubuh: Sebuah metode baru olah tubuh dalam t ari. Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, XI (1) , 15 - 25. Siagian, S. (1995). Teori motiviasi dan a pli kasinya. Jakarta: PT. Rineka. Simatupang, L. (2013). Pergelaran: Sebuah mozaik penelitian seni b udaya. Yogyakarta: JALASUTRA. 255 Slameto. (2003). Belajar dan faktor - faktor yang m empengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Soegiono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, k ualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Soegiono, & Muis, T. (2012). Filsafat p endidikan: Teori d an p raktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Soemodidjaja, R. (1951). Adji p ameleng: Pangulahing lampah jogo, inggih samadiening manunggaling kawula gusti. Jogjakarta: Sinar - Asia. Soeprapto, R. (2002). Interaksionisme s imbolik: Perspektif sosiologi m odern. Malang: Averroes Press. Soerjadiningrat, B. P. A. (1934). Babad lan mekaring d joged Djawi. Yogyakarta: Kolf Buning. Suanda, E. (2002). S tandar k ompetensi t ari Yogyakarta, Surakarta, B ali. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Departemen Pendidikan Nasional. Bandung: LPPM ITB. Sudiarja, A. (2014). Pendidikan dalam t antangan j aman. Yogyakarta: PT. Kanisius. Sugiarto, R. (2015). Psikologi raos: Saintifikasi kawruh jiwa Ki Ageng Suryomentaram. Yogyakarta: Pustaka Ifada. Suharji. (2006). Rantaya gagah sebagai dasar pembentukan sikap penari g agah. Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, Harmonia: Vol. VII no. 1 , 58 - 68. Suharti, T. (2004). Bedaya kraton Yogyakarta: Sebuah media pewarisan b udaya yang sarat makna. Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni, X(2) , 121 - 131. S uharti, T h . (2015). Bedhaya Semang k ara ton Ngayogyakarta Hadiningrat: reaktualisasi sebuah tari p usaka. Yogyakarta: PT. Kanisius. Suharto, B. (1990). The concept of Mataya in Yogyakarta dance. Thesis, tidak diterbitkan, University of California, Los Angeles. Suharto, B . ( 1991 ). Tari dalam pandangan kebudayaan . Jurnal SENI Edisi Perdana . Sumardjo, J. (2006). Estetika p aradoks. Bandung: Sunan Ambu Press. 256 Sunaryadi. (2013). Serat madu tata krami dan relevansinya dengan pendidikan k arakter. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1) , 119 - 128. Supadm a , & So edarsono, R. M. (2012). Wayang wong keraton Ngayogyakarta dan perkembangannya diluar i stana. Jurnal Seni Tari, 4(2) , 11 - 19. Supriyanti, & Suharto, D. (2 015). Penciptaan tari manggala k ridh a sebagai media pembentukan k arakter bagi Anak. Journal of Urban Society's Arts, 2(1) , 18 - 24. Supriyanto. (2012). Tari klana alus Sri Suwela gaya Yogyakarta p erspektif Joged Mataram. Jurnal Seni Tari, 3 , 1 - 20. Supriyanto, E. (2018. Ikat kait impulsif sarira. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca Suryobrongto, B. P. H. (1976). Tari klasik gaya Yogyakarta . Yogyakarta: Museum Kraton Yogyakarta. Sutardhio, H. (2002). Sehat dan bugar melalui meditasi dalam gerak. Jakarta : Salemba Medika. Suyanto. (2007). Teori pedalangan: Bunga rampai elemen - elemen dasar pakeliran. (Editor). Surakarta: Institut Seni Indonesia Surakarta dan CV Saka Production. Suyanto, & Hisyam, D. (2000). Pendidikan di Indonesia memasuki m ilenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Tilaar, H. A. R. (2012). Perubahan sosial dan pendidikan: Pengantar pedaghoghik t ransformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia. Tranggono, I., & Achmad, S. (2016). Profil seniman & b udayaw an Yogyakarta. Yogyakarta: UPTD Taman Budaya Yogyakarta. Usman, H. (2013). Kepemimpinan berkarakter sebagai model pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, III (3), 265 - 273 . van Peursen , C. A. (1988). Srategi kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius. Weis, S. (2003). Kothong nanging kebak , Empty yet full: Some thoughts on embodiment and aesthetics in Javanese performance. Asian Music , T he J ournal of the Society for Asian Music , XXXIV(2), 21 - 49). Retrieved from https://www.jstor.org/stable/4098456 257 Wibowo, F. (Editor) . (1981). Mengenal tari klasik g aya Yogyakarta. Yogyakarta: Dewan Kesenian Propinsi DIY. Widaryanto, F. X. (2007). Menuju representasi duni dalam . Bandung: Kelir. Widaryanto, F. X. (2015). Ekokritikis me Sardono W. Kusuma: Gagasan, proses kreatif, dan teks - t eks c iptaannya. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta. Widaryanto, F. X. (2019). Menyoal ketubuhan dan nilai performatifnya. Dance & theatre review, Jurnal tari, teater, dan wayang, 2 (2), 53 - 63. Retrieved from http://journal.isi.ac.id/index.php/DTR Woolfolk, A., & Nicolich, L. M. (1984). Educational psychology for t eacher. New Jersey: Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs. Wulandari, D. (2016). Proses p e ncari an identitas gerak g ecul G areng o leh Sumar Bagyo. Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Tari, 15(1) , 46 - 55. Yudiaryani. (2002). Panggung teater dunia: Perkembangan dan perubahan k onvensi. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli. Yuwono, P. (2012). Sang pamomong: Menghidupkan kembali nilai - n il ai luhur m anusia Jawa. Yogyakarta: Adiwacana. Zuchdi, D. (Editor).(2011). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktek. Yogyakarta: UNY Press. citation: Sarjiwo, Sarjiwo and Suherman, Wawan S (2021) i INTERNALISASI WIRASA DENGAN OLAH TUBUH DALAM PEMBELAJARAN TARI. S3 thesis, Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/70403/1/fulltext_sarjiwo_15703261039.pdf