%0 Journal Article %@ 978‐979‐16353‐3‐2 %A Ariyadi, Wijaya %D 2009 %F UNY:7038 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 %T Hypothetical Learning Trajectory dan Peningkatan Pemahaman Konsep Pengukuran Panjang %U http://eprints.uny.ac.id/7038/ %X Suatu kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari proses perencanaan dan desain. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau lesson plan merupakan salah satu bentuk nyata proses perencanaan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sangat bermanfaat sebagai panduan guru dalam melaksanaan kegiatan pembelajaran. Pendidikan Matematika Realistik memberikan perhatian pada perumusan hypothetical learning trajectory sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran sekaligus sebagai suatu tindakan antisipatif terhadap kemungkinan masalah yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran. Artikel ini menyajikan contoh perumusan hypothetical learning trajectory untuk pembelajaran vpengukuran panjang. Kata kunci: hypothetical learning trajectory, pengukuran panjang