eprintid: 70333 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/03/33 datestamp: 2021-03-31 03:35:40 lastmod: 2024-05-20 02:58:29 status_changed: 2021-03-31 03:35:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: eprints@uny.ac.id creators_name: Fadlillah, M creators_name: Wahab, Rochmat title: Pola Parenting untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. ispublished: pub subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: anak usia dini, minat dan bakat, parenting, kecerdasan majemuk, abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menghasilkan pola parenting orang tua untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini, dan 2) mengungkapkan hambatan-hambatan parenting yang dialami orang tua dalam mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah tiga orang tua, tiga orang anak usia dini, dan tujuh orang guru, yang ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan terbuka, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lima langkah yaitu: mentranskrip seluruh hasil wawancara, menginventarisasi pernyataan penting, mengklasifikasikan pernyataan subjek sesuai tema, dan mendeskripsikan makna dan esensi pengalaman subjek. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Pola parenting untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini terdiri dari empat hal utama, yaitu: a) identifikasi minat dan bakat anak: dilakukan orang tua dengan cara mengamati secara intensif terhadap aktivitas-aktivitas yang disukai dan menjadi keunggulan anak; b) tuntutan dan harapan: orang tua memiliki tuntutan dan harapan yang sangat tinggi terhadap bakat kecerdasan majemuk anak yaitu dengan meminta anak menjadi pemberani, menginginkan bakat anak berkembang, dan berharap anaknya mendapatkan banyak juara maupun prestasi; c) respon dan komitmen: orang tua mempunyai respon dan komitmen yang tinggi pula terhadap bakat kecerdasan majemuk anak, yaitu dengan mendukung aktivitas dan memfasilitasi segala kebutuhan anak secara maksimal; dan d) metode pengembangan: orang tua melatih dan mengembangkan bakat kecerdasan majemuk anak dengan cara mengikutkannya les dan berbagai kegiatan lomba yang sesuai dengan kemampuannya. (2) Hambatan-hambatan parenting yang dialami orang tua, di antaranya: keterbatasan waktu dan tenaga. Implikasi dari pola parenting yang dihasilkan ini ialah anak usia dini yang memiliki bakat istimewa harus mendapatkan perlakuan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Diperlukan tuntutan dan respon yang seimbang dari orang tua supaya kecerdasan majemuk anak dapat berkembang optimal sehingga mampu mencapai kemampuan dan prestasi yang diharapkan. date: 2020-06-11 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Agustin, M. (2013). Mengenali dan mengembangkan potensi kecerdasan jamak anak sejak dini sebagai tonggak awal melahirkan generasi emas. Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 4, No. 2. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/240642-mengenali-dan- mengembangkan-potensi-kece-73fe444c.pdf AlRub, M.F.A. (2013). Parenting styles used with preschool children among arab immigrant parents in a u.s. context. Dissertation: Colorado State University Anderson, L.W. dan Krathwohl. (2017). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: Revisi taksonomi pendidikan Bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi Asli: diterbitkan tahun 2001 oleh Pearson Education, Inc). Anggraini, D. (2017). Pemulihan psikososial terhadap anak korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di rumah perlindungan sosial anak Bambu Apus Jakarta Timur. Skripsi: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Armstrong, T. (2013). Kecerdasan multipel di dalam kelas (edisi ketiga). (Terjemahan Dyah Widya Prabaningrum). Jakarta: Indeks. (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh the Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD) Alexandria). Baumrind, D. (1966). Effects of authoritative parental control on child behavior. Child Development, 37(4), 887. doi:10.2307/1126611 Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology, 4 (1, Pt.2), 1–103. doi:10.1037/h0030372 Baumrind, D. (1978). Parental Disciplinary Patterns and Social Competence in Children. Youth & Society, 9 (3), 239–267. doi:10.1177/0044118x 7800900302 233 Baumrind, D. (1978). Reciprocal Rights and Responsibilities in Parent-Child Relations. Journal of Social Issues, 34 (2), 179–196. Doi:10.1111/j.1540- 4560.1978.tb01038.x Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. The Journal of Early Adolescence, 11 (1), 56–95. doi:10.1177/0272431691111004 Baumrind, D. (2005). Patterns of parental authority and adolescent autonomy. New Directions for Child and Adolescent Development, 61– 69. doi:10.1002/cd.128 Baumrind, D., & Black, A. E. (1967). Socialization Practices Associated with Dimensions of Competence in Preschool Boys and Girls. Child Development, 38 (2), 291. doi:10.2307/1127295 Baumrind, D., Larzelere, R. E., & Owens, E. B. (2010). Effects of Preschool Parents’ Power Assertive Patterns and Practices on Adolescent Development. Parenting, 10 (3), 157–201. doi:10.1080/15295190903290790 Berns, R. M., (2010). Child, family, school, community:Socialization and support (eighth edition). Belmont: Wadsworth. Biddle, K. A., Nevarez, A.G., Henderson, W.J.R., & Kerrick, A.V. (2014). Early childhood education: Becoming a professional. California: Sage Publication, Inc. BNP2TKI. (2018). Data perlindungan dan penempatan PMI periode bulan Mei 2018. Jakarta. Retrieved from http://www.bnp2tki.go.id/uploads/data/ data_08-06-018_085212_Laporan_Pengolahan_Data_BNP2TKI_2018_- _MEI_1.pdf Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (1982). Qualitative research for education: an introduction to theory and methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc. 234 Brenner, V., & Fox, R. A. (1999). An Empirically Derived Classification of Parenting Practices. The Journal of Genetic Psychology, 160(3), 343– 356. doi:10.1080/00221329909595404 Brooks, J. (2011). The process of parenting (edisi kedelapan). (Terjemahan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2011 oleh McGraw-Hill, on Imprint of The McGraw-Hill, Inc, New York). Brown, L., & Iyengar, S. (2008). Parenting styles: The impact on student achievement. Marriage & Family Review, 43 (1-2), 14– 38. doi:10.1080/01494920802010140 Burger, K. (2014). Effective early childhood care and education:Successful approaches and didactic strategies for fostering child development. European Early Childhood Education Research Journal, 23 (5), 743-760. doi: 10.1080/1350293X.2014.882076. Campbell, L., Campbell, B. & Dickinson, D. (2002). Multiple intelligences: Metode terbaru melesatkan kecerdasan. (Terjemahan Tim Inisiasi). Depok: Inisiasi Press. Chatib, M. (2011). Sekolahnya manusia: Sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa. Chatib, M. (2016). Orang tuanya manusia: Melejitkan potensi dan kecerdasan dengan menghargai fitrah setiap anak. Bandung: Kaifa. Clark, B. (1988). Growing up Gifted (third editionn): Developing the potential of children at home and at school. America: Merrill Publishing Company. Coleman, L.J. (1985). Schooling the Gifted. America: Addison-Wesley Publishing Company. Inc. Creswell. J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Person Educational, Inc. 235 Creswell. J. W. (2015). Penelitian kualitatif dan desain riset: Edisi ketiga. (Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi alsi diterbitkan tahun 2013 oleh Sage). Davis, G.A. (2012). Anak berbakat dan pendidikan keberbakatan: Suatu buku panduan untuk guru dan orang tua. (Terjemahan Ati Cahayani). Jakarta: Indeks. (Edisi asli diterbitkan tahun 2006 oleh Great Potential Press, Inc). Dehyadegary, E., Yaacob, S.N., & Juhari, R.B. (2012). Relationship between parenting style and academic achievement among Iranian adolescents in Sirjan. Asian Social Science. Vol. 8 no. 1, 156-160. Doi: 10.5539/ass.v8n1p156 Depag. (2010). Al-Qur’an dan terjemahan. Jakarta: Surprise. Depdiknas. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa (edisi keempat). Jakarta: Gramedia. DeVore, E. R., & Ginsburg, K. R. (2005). The protective effects of good parenting on adolescents. Current Opinion in Pediatrics, 17(4), 460– 465. doi:10.1097/01.mop.0000170514.27649.c9 Dewantara, K.H. (1977). Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, konsepsi, keteladanan, sikap merdeka. Jilid I pendidikan. Yogyakarta: UST PRESS bekerjasama dengan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. Dewantara, K.H. (2004). Karya Ki Hadjar Dewantara bagian pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Dewantara, K.H. (2009). Ki Hadjar Dewantara: Kebudayaan. Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika. Dexter, C., & Stacks, A. (2014). A preliminary investigation of the relationship between parenting, parent-child shared reading practices, and child development in low-income families. Journal of Research in Childhood Education, 28 (3), 394-410. doi:10.1080/02568543.2014.913278 236 Echols, J. M. dan Shadily, H. (2010). Kamus inggris Indonesia: An english- Indonesia dictionary. Jakarta: Gramedia. Finocchiaro, E. (2017). Neurodevelopment and early childhood education for low- income students: An analytical literature review. International Journal of Early Childhood Special Education (INT-JECSE), 8 (2), 100-106. doi:10.20489/intjecse.284668 Gardner, H. (2003). Kecerdasan majemuk: teori dalam praktik (edisi pertama). (Terjemahan Alexander Sindoro). Batam: Interaksara. (Edisi asli diterbitkan tahun 1993 oleh Basic Books New York). Gardner, H. (2006). Multiple intelligences. New York: Basic Books. Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. New York: Basic Books. Gerber, S. J., Sharry, J., dan Streek, A. (2016). Parent training: effectiveness of the parents plus early years programme in community preschool settings. European Early Childhood Education Research Journal, 25 (4), 637-650. doi: 10.1080/1350293X.2016.1189726. Gutek, G. L. (1974). Philosofical Alternatives in Education. Ohio: Loyala University of Chicago. Hanafin, J. (2014). Multiple intelligences theory, action research and teacher professional development: The irish MI Project. Australian Journal of Teacher Education, 39 (4) 126-142. Retrieved from http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2014v39n4.8 Hasanah, E. (2019). Pengalaman remaja tentang pola asuh keluarga di Kota Yogyakarta. Disertasi: Universitas Negeri Yogyakarta. Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam ilmu sosial dan komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, Vol. 9 No. 1. Retrived from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/ article/view/1146 237 Heller, A.H. (2004). Identification of gifted and talented students. Psychology Science. Vol. 46, No. 3, p. 302 – 323. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.538.4180&rep=re p1&type=pdf Heller, A.H., Perleth, C., annd Lim, T.K. (2005). The Munich Model of Giftedness Designed to Identify and Promote Difted Students. Retrieved from https://www.gwern.net/docs/iq/munich/2005-heller.pdf Hidalgo, M. F. (2016). Parenting the gifted and talented child: A Qualitative inquiry of the perceptions of mothers regarding their unique experiences in raising gifted and talented children. LSU Doctoral Dissertations. Retrieved from https://digitalcommons.lsu.edu/ gradschool_dissertations/4268 Hidayat, M. Syarif. (2014). Studi komparasi prestasi belajar siswa antara yang tidak ditinggal kerja ke luar negeri dan siswa yang ditinggal kerja ke luar negeri oleh orang tuanya. Skripsi: IAIN Walisong. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/2943/ Holden. G. W. (2010). Parenting: a dynamic perspektive. California: Sage Publication, Inc. Hua, B. Y., Zhou, Y. andLib, K. (2017). Variations in chinese parental perceptions of early childhood education quality. European Early Childhood Education Research Journal, 25 (4) 519-540. doi: 0.1080/ 1350293X.2017.1331066. Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan anak; Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Khoiri, A. (2016). Sebagian besar anak Indonesia salah asuh. CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya- hidup/20160413202151-255-123787/sebagian-besar-anak-indonesia-salah- asuh Kiewra, K. A. (2014). Seven ways parents help children unleash their talents. Parenting for High Potential, Vol. 3 No. 5, 4-6. Retrieved from 238 https://cehs.unl.edu/images/cehs/soar/articles/Seven%20Ways%20Parent%2 0Help%20Children%20Unleash%20Their%20Talents.pdf. Kordi, A. dan Baharudin, R. (2010). Parenting attitude and style and its effect on children’s school achievements. International Journal of Psychological Studies. 2 (2) 217–222. Retrieved from http://www.ccsenet.org/ journal/index.php/ijps/article/view/6158 Lestari, S. (2014). Psikologi keluarga: penanaman nilai dan penangan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana. Levine, L. E. & Munsch, J. (2014). Child development: an active learning approach (Second Edition). California: Sage Publication, Inc. Li, X., & Xie, J. (2017). Parenting styles of chinese families and children’s social- emotional and cognitive developmental outcomes. European Early Childhood Education Research Journal, 25 (4), p. 637–650. doi:10.1080/ 1350293X.2017.1331077 Lipkowitz, R., & Poppe, J. (2014). Brain matters: Research into how the brain develops is shaping early childhood policies and programs. State Legislatures, 40 (1), 24-26. Lwin, M., Khoo, A., Lyen, K., & Sim, C. (2008). Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan. (Terjemahan Christine Sujana). Jakarta: Indeks. (Edisi asli diterbitkan tahun 2003 oleh Prentice Hall). McMillan, J. H. & Schumacher, S. (2010). Research in education: Evidence- based inquiry. Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: Second Edition. California: Sage Publications, Inc. Miller, P. H. (2011). Theories of developmental psychology. New York: Worth Publishers Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Bandung: Rosdakarya. 239 Morawska, A., dan Sanders, M.R. (2009). Parenting gifted and talented children: Conceptual and empirical foundations. Gifted Child Quarterly. Vol. 53 No. 3 163-173. Doi. 10.1177/0016986209334962. Retrieved from http://gcq.sagepub.com Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (edisi kelima). (Penerjemah Suci Romadhona dan Apri Widiastuti). Jakarta: Indeks. (Edisi asli diterbitkan tahun 2008 oleh Pearson Education, Inc). Morrison. G. S. (2016). Pendidikan anak usia dini saat ini (edisi 13). (Penerjemah Yudi Santoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2015 oleh Pearson Education, Inc). Muhmidayeli. (2011). Filsafat pendidikan. Bandung: Refika Aditama. Munandar, S.C.U. (1999). Kreativitas dann Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4713/1/PAUD4404-M1.pdf Nasution, R. D. (2017). Pendampingan tenaga kerja Indonesia dalam perspektif hukum dan ham. Ponorogo: UMP Press. Nutbrown, C., Clough, P., & Selbie, P. (2009). Early childhood education: History, philosophy, and experience. California: Sage Publication Inc. Ogelman, H.G., Secer, Z., and Onder, A. (2015). Cognitive developmental levels of preschool children in relation to peer relationships. European Early Childhood Education Research Journal, 25 (4) 1-10. doi: 10.1080/ 1350293X.2015.1087157. Patton, M.Q. (1990). Qualitative evaluation methods. Amerika: SAGE Publications, Inc Permono, H. (2013). Peran orang tua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional 240 Parenting Universitas Muhammadiyah Surakarta, 34-37. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/3994 Posey, B.M. (2014). The effect of parenting styles on substance use and academic achievement among delinquent youth: implications for selective intervention practices. Tesis: Arizona State University. Ramphele, L. (2017). The importance of identifying your child’s gifts and talents. Retrieved from http://www.capetalk.co.za/articles/249714/the-importance- of-identifying-your-child-s-gifts-and-talents Renzulli, J.S. (2005). The three-ring conception of giftedness: A developmental model for promotinng creative productivity. Conceptions of Giftedness. Boston: Cambridge University Press. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/237668711 Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 B ayat 2 Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (1995). Authoritative, authoritarian, and permissive parenting practices: Development of a New Measure. Psychological Reports, 77 (3), 819–830. doi:10.2466/pr0.1995. 77.3.819 Rushton, S. (2011). Neuroscience, early childhood education and play: We are doing it right!. Early Childhood Education Journal (2011) 39, 89–94. doi:10.1007/s10643-011-0447-z Saçkesa, M., Işıtana, S., Avcia, K., & Justiceb, L. M. (2015). Parents’ perceptions of children's literacy motivation and their homeliteracy practices: what's the connection?. European Early Childhood Education Research Journal, 1 – 18. doi: 10.1080/1350293X.2014.996422. 241 Salkind. N. J. (2010). Teori-teori perkembangan manusia. (Terjemahan M. Khozin). Bandung: Nusa Media. (Edisi asli diterbitkan tahun 2004 oleh Sage Publication New Delhi). Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak. Buku 1 Edisi 11 (Terjemahan Verawaty Pakpahan). Jakarta: Salemba Humanika. (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh McGraw-Hill, Avenue of the Amerika, New York). Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak. Buku 2 Edisi 11 (Terjemahan Verawaty Pakpahan dan Wahyu Anugraheni). Jakarta: Salemba Humanika. (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh McGraw-Hill, Avenue of the Amerika, New York). Sasongko, J.P. (2015). KPAI: Kekerasan anak dipicu buruknya pengasuhan orang tua. CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150916103500-20-79056/kpai- kekerasan-anak-dipicu-buruknya-pengasuhan-orang-tua Soenajo, F. 2014. Taksonomi tujuan instruksional. Modul pelatihan pengembangan keterampilan dasar teknik instruksional (Pekerti). Surabaya: Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII. Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sulistyawati, L. (2018). KPAI: 16 anak meninggal akibat kekerasan pada tahun 2018. Republika. Retrieved from https://m.republika.co.id/ berita/nasional/hukum/18/03/26/p66zma409-kpai-16-anak-meninggal- akibat-kekerasan-pada-2018 Tiel, J.M.V. dan Widyorini, E. (2015). Deteksi dan penanganan anak cerdas istimewa (anak gifted). Jakarta: Kencana Prenadamedia Turner, P. H. & Welch, K. J. (2012). Parenting in contemporary society. New Jersey: Pearson Education, Inc 242 UNESCO. (2017). Early childhood care and education. Retrieved from https://en.unesco.org/ themes/ early-childhood-care-and-education Wahab, R. (2010). Mengenal anak berbakat akademik dan upaya mengidentifikasinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Wahab, R. (2019). Orang tua anak berbakat. Retrieved from https://web.facebook.com/rochmat.wahab.5/posts/2607342609300285 citation: Fadlillah, M and Wahab, Rochmat (2020) Pola Parenting untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. S3 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/70333/1/disertasi-m.%20fadlillah-16703261040.pdf