TY - THES ID - UNY70303 M1 - disertasi AV - restricted KW - Model Keterlibatan Orang tua KW - Kemampuan Akademik KW - Kecakapan Sosio-Personal KW - Siswa Sekolah Dasar. TI - Model Keterlibatan Orang Tua untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik dan Kecakapan Sosio-Personal Siswa di Sekolah Dasar. UR - http://eprints.uny.ac.id/70303/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengembangkan model keterlibatan orang tua yang efektif untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kecakapan sosio- personal siswa SD/MI. Model keterlibatan orang tua yang dikembangkan berbasis pada penguatan hubungan orang tua-guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini berorientasi pada pengembangan model keterlibatan orang tua berbasis penguatan hubungan orang tua-guru untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kecakapan sosio-personal siswa di SD/MI. Prosedur pengembangan terdiri atas 10 tahapan yaitu: (1) Penelitian Awal dan Pengumpulan Informasi; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Produk Awal; (4) Uji Coba Terbatas; (5) Revisi Produk Awal; (6) Uji Coba Skala Luas; (7) Revisi Produk Operasional: (8) Uji Coba Produk Operasional; (9) Revisi Produk Final; (10) Diseminasi dan Implementasi. Penilitian dilaksanakan ditujuh (7) sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Banyuwangi. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan n gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan rerata kemampuan akademik dan kecakapan sosio-personal siswa. Selanjutnya rerata n gain diuji dengan one sample t test untuk mengetahui signifikansi peningkatan yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model keterlibatan orang tua dan komponen pendukung model yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan. Hasil uji validasi terhadap model yang dikembangkan terkatagori baik sekali (93,06). Peningkatan n gain kemampuan akademik siswa pada uji operasional adalah 28% dengan katagori rendah dan 72% dengan katagori tinggi. Signifikansi peningkatan kemampuan akademik pada uji operasional lebih dari 0,3 dengan katagori sedang. Nilai t hitung > t tabel (5,408 >1,671) dengan singnifikansi 0,000 < 0,05. Peningkatan n gain kecakapan sosio-personal siswa pada uji operasional terkatagori 65% sedang dan 35% tinggi. Diketahui nilai t hitung > t tabel (17,76 > 1,671) dengan singnifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa model keterlibatan orang tua berbasis penguatan hubungan orang tua-guru praktis dan efektif untuk untuk meningkatkan kemampun akademik dan kecakapan sosio- personal siswa di 7 (tujuh) SD/MI yang ada di Banyuwangi. Y1 - 2020/02/11/ PB - Program Pascasarjana A1 - Wiarsih, Nur A1 - Wahab, Rochmat ER -