%0 Thesis %9 S3 %A Hartati, Merry Sri %A Suryadarma, IGP %B Ilmu Pendidikan %D 2020 %F UNY:70299 %I Program Pascasarjana %K Parenting, Pendidikan Kesehatan Reproduksi, budaya suku rejang. %T Parenting Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Masyarakat Suku Rejang. %U http://eprints.uny.ac.id/70299/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model parenting pendidikan kesehatan reproduksi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Suku Rejang mengenai kesehatan reproduksi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian menggunakan desain research and development (R & D) dengan model pengembangan Four-D (4D) yang dikembangkan oleh S Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn. Model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahapan utama yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data penelitian diperoleh melalui tes, angket, lembar observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif, uji validasi produk, dan uji paired sample t – test. Hasil penelitian terbagi atas 3 poin. (1) Model Parenting Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Masyarakat Suku Rejang untuk meningkatkan pemahaman pendidikan kesehatan reproduksi memenuhi kriteria valid. Kritera kevalidan ditunjukan dari presentase penilaian tim ahli/validator yang masuk dalam kategori valid. (2) Model Parenting Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Masyarakat Suku Rejang untuk meningkatkan pemahaman pendidikan kesehatan reproduksi memenuhi kriteria praktis. Produk memenuhi kriteria kepraktisan model berdasarkan penilaian fasilitator juga dari presentase keterlaksanaan model. (3) Model Parenting Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Masyarakat Suku Rejang untuk meningkatkan pemahaman pendidikan kesehatan reproduksi memenuhi kriteria efektif. Hasil uji-t menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang artinya terdapat perbedaan yang signifkan antara nilai pretest dan posttest sebelum dan sesudah penerapan model parenting pendidikan kesehatan reproduksi.