TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/70293/ ID - UNY70293 M1 - disertasi KW - Model Pembelajaran KW - Permainan Tradisional KW - Gerak Dasar AV - restricted TI - Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengembangkan Kemampuan Gerak Dasar. A1 - Rejeki, Hendriana A1 - Suharjana, Suharjana PB - Program Pascasarjana N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional untuk kelas 3 dan tervalidasi oleh ahli serta efektif untuk pembelajaran. Model yang dikembangkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani dalam mengembangkan kemampuan gerak dasar, sehingga dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut; (1) mengumpulkan informasi, (2) desain draf awal (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) produk akhir, (7) uji efektivitas. Uji coba skala kecil dilakukan di SD Negeri Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu, uji coba skala besar dilakukan di SD Negeri lasoani, SD Negeri Paboya Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, tes TGMD 2 dengan validitas 0,95 dan reliabilitas 0,91 untuk uji keefektifan dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif, dan uji t. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional Sulawesi Tengah, yang berisikan empat permainan yaitu: (a) permainan baku-baku raja (b) permainan alay mbelong (c) permainan nokadende sorong (d) belengku. Model disusun dalam bentuk buku pedoman. Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pembelajaran gerak dasar bagi peserta didik Sekolah Dasar kelas 3 yang didesain berkategori baik dan efektif, sehingga model layak digunakan. Y1 - 2020/01/31/ ER -