%T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IC SD N PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA %D 2021 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %L UNY70266 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan melalui media audio visual pada siswa kelas IC SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Hopkims. Subjek penelitian adalah siswa kelas IC SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi dan tes membaca permulaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses pembelajaran membaca permulaan melalui media audio visual pada siswa kelas IC SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta. Peningkatan dapat dilihat dari skor observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 50 menjadi 82,5 pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebesar 32,5. Skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 50 menjadi 88,75 sehingga mengalami peningkatan sebesar 38,75. Melalui media audio visual keterampilan membaca permulaan siswa dapat meningkat. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat dilihat dari rerata nilai keterampilan membaca permulaan pada pratindakan sebesar 66,64 menjadi 69,87 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 3,23 dan pada siklus II rerata nilai keterampilan membaca permulaan siswa sebesar 77,6 sehingga mengalami peningkatan sebesar 7,73. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media audio visual %A Emi Listiana