@phdthesis{UNY70241, month = {March}, year = {2021}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOX ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG UNTUK SISWA SD KELAS TINGGI}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Fatimah Dwi Utari}, abstract = {Tujua penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Pop Up Box Ular Tangga yang layak digunakan pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar dan bangun ruang untuk siswa SD kelas tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengacu pada model Borg\&Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono. Namun pada penelitian ini hanya melalui tujuh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Validasi desain dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba produk adalah 5 siswa dan 4 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Box Ular Tangga pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar dan bangun ruang untuk siswa SD kelas tinggi sudah dikatakan layak. Hal ini dibuktikan dari terpenuhinya kriteria minimal baik pada setiap komponen, yakni hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat baik (3,55), hasil validasi ahli media menunjukkan kategori baik (3,14), hasil uji coba produk tanggapan siswa menunjukkan kategori sangat baik (3,55), dan hasil uji coba produk tanggapan guru menunjukkan kategori sangat baik (3,78). Kata kunci: pengembangan media, Pop Up Box Ular Tangga, bangun datar, bangun ruang}, url = {http://eprints.uny.ac.id/70241/} }