%J Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 %L UNY7023 %X Tujuan utama dalam pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan mempersiapkan siswa dalam dunia kerja. Untuk mencapai tujuan tersebut, sudah selayaknya kita mengajarkan siswa tentang “how to think” sebagai pengganti dari “what to think”. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah melalui pertanyaan. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa seseorang akan berpikir jika dihadapkan oleh suatu masalah atau pertanyaan. Ada empat fungsi berikut peran penting pertanyaan yang dibahas secara teoritis. Dengan menyadari akan pentingnya peranan pertanyaan dalam pembelajaran, guru diharapkan dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang baik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Kata Kunci: fungsi, peran penting, pertanyaan, kemampuan berpikir %T FUNGSI DAN PENTINGNYA PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN %A Yunarti Tina %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %D 2009