%X Penelitian ini dimulai dari permasalahan pembelajaran daring yang terkendala akses internet, sehingga berdampak pada sulitnya memahami materi yang diberikan oleh guru salah satunya pada perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media papan KaliBagi yang layak untuk kelas II SD Negeri 1 Tlogorandu dan untuk mengertahui efektifitas media papan KaliBagi dalam memahami konsep perkalian dan pembagian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono yang didalam nya terdapat 10 langkah, namun peneliti hanya menggunakan 7 langkah, yaitu meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan KaliBagi ini layak digunakan di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 4,4 dengan katagori “Sangat Baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan katagori “Baik”. Uji coba produk dari hasil angket siswa memperoleh nilai rata-rata 4,93 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari angket guru memperoleh nilai rata-rata 4,6 dengan katagori “Sangat Baik”. Media papan KaliBagi ini efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata posttest siswa lebih besar yaitu 96,67 dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest siswa yaitu 50, serta terdapat peningkatkan pada nilai siswa sebesar 93,34%. Kata kunci: media, papan KaliBagi, perkalian dan pembagian, efektifitas. %A Endah Sri Rejeki %L UNY70227 %T PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KALIBAGI UNTUK MEMAHAMI KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA KELAS II SD NEGERI 1 TLOGORANDU JUWIRING KLATEN %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2021