TY - THES ID - UNY70216 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase peran orang tua dalam proses pengembangan keterampilan literasi dini di kelompok B TK ABA gugus PAUD 2 Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yaitu TK ABA Wojo, TK ABA Saman dan TK ABA Pandeyan. Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa hal yaitu anak-anak di kelompok B yang masih memerlukan contoh atau bantuan, masih kesulitan untuk menulis namanya sendiri dan anak masih belum mengenal huruf. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak kelompok B di TK ABA gugus PAUD 2 Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, yang berjumlah 89 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan persentase peran orang tua dalam proses pengembangan keterampilan literasi dini di kelompok B TK ABA Wojo menunjukkan angka 69,57% (cukup), di TK ABA Saman menunjukkan angka 65,45% (cukup) dan di TK ABA Pandeyan menunjukkan angka 65,04% (cukup). Secara keseluruhan persentase rata-rata peran orang tua dalam proses pengembangan literasi anak kelompok B TK ABA Gugus PAUD 2 Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul menunjukkan angka sebesar 66,27% (cukup). Kata Kunci : peran, orang tua, literasi dini UR - http://eprints.uny.ac.id/70216/ M1 - skripsi AV - restricted PB - Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2021/01/08/ A1 - Meidina, Sukmawati TI - PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PENGEMBANGAN KETERAMPILAN LITERASI DINI DI KELOMPOK B TK ABA GUGUS PAUD 2 KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL ER -