%0 Journal Article %@ 978‐979‐16353‐3‐2 %A Sulis Janu, Hartati %D 2009 %F UNY:7021 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 %T KARAKTERISTIK PROSES BERPIKIR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR PADA SAAT MELAKUKAN AKTIVITAS MEMBAGI %U http://eprints.uny.ac.id/7021/ %X Pembagian termasuk konsep matematika yang sulit dipahami oleh siswa kelas III Sekolah Dasar. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu usaha yang diperlukan adalah mengetahui karakteristik proses berpikir siswa, khususnya pada saat melakukan aktivitas membagi. Hal ini dipandang penting karena aktivitas membagi merupakan konsep empirik untuk memahami konsep pembagian. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggali karakteristik proses berpikir siswa kelas III Sekolah Dasar pada saat melakukan aktivitas membagi. Penelitian dilakukan secara eksploratif, dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, karakteristik proses berpikir siswa pada saat melakukan aktivitas membagi meliputi 2 aktivitas mental, yaitu: asimilasi dan akomodasi. Kata Kunci: Aktivitas Membagi, Berpikir, Proses Berpikir, Karakteristik, Konsep Empirik, Aktivitas Mental, Asimilasi, Akomodasi.